Jumat, 19 April 2024

Pemkab Pasuruan Mengapresiasi Peran Ormas Dalam Pembangunan

Diunggah pada : 29 Juli 2022 21:30:24 56
Sosialisasi Pemberdayaan Ormas Tahun 2022, yang digelar oleh Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan dan diikuti oleh IPPNU, Fatayat, Muslimat, Banser di Balai Desa Panditan, Kecamatan Lumbang Jumat (29/7/2022).

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengapresiasi setinggi-tingginya peran organisasi masyarakat (ormas) yang selama ini telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kepentingan publik serta berperan aktif dan turut andil dalam mewarnai pembangunan di Kabupaten Pasuruan.

Hal ini disampaikan Plh. Bupati Mujib Imron dalam kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Ormas Tahun 2022, yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pasuruan dan diikuti oleh IPPNU, Fatayat, Muslimat, Banser di Balai Desa Panditan, Kecamatan Lumbang Jumat (29/7/2022).

“Saya perlu mengajak untuk mensosialisasikan program Bakesbangpol tentang wawasan kebangsaan dan ideologi. Tujuannya untuk mengantisipasi potensi letupan radikal di masyarakat. Kita harus menjaga negara kita. Mari kita jaga tanah air dan Kabupaten Pasuruan,” ujar Plh. Bupati

Menurut Gus Mujib sapaannya, seluruh komponen masyarakat tidak terkecuali ormas sudah sepatutnya bersama-sama menjaga keutuhan NKRI, termasuk melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam menjaga ideologi Pancasila dengan tidak mempertentangkan antara negara dan agama.

“Kalau ada yang berkomentar anti dengan NKRI, harus segera dilaporkan ke pihak yang berwajib. Negara ini wajib dijaga. Baik kyai maupun ulama juga mewajibkan kita untuk menjaga bangsa kita,” ujar Plh. Bupati.

Gus Mujib berharap kepada seluruh peserta untuk lebih fokus kepada komitmen ormas dalam menyukseskan program-program pembangunan sesuai bidang masing-masing. Terlebih, eksistensi ormas yang dikenal dengan istilah Non-Governmental Organization (NGO) yang memegang peranan penting sebagai pilar demokrasi, agar terwujud masyarakat sipil (civil society) serta memperjuangkan hak-hak rakyat dalam kehidupan bernegara, sekaligus menopang kepentingan publik tanpa mengambil keuntungan finansial.

“Saya harap, pertemuan penting ini akan melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis. Semuanya demi kelancaran pembangunan di Kabupaten Pasuruan. Sekaligus bisa menjadi ajang dialogis atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal untuk dicarikan solusi konstruktif,” pungkas Gus Mujib.

#pasuruan