Jumat, 19 April 2024

Pemkab Pasuruan Lakukan Audiensi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Diunggah pada : 22 Juli 2022 11:17:42 89
Plh. Bupati Pasuruan Mujib Imron

Jatim Newsroom - Untuk meningkatkan nilai tambah produk perikanan serta program Dinas Perikanan tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melakukan audiensi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan diterima oleh Direktur Usaha dan Investasi, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Catur Sarwanto

Audiensi Pemkab Pasuruan dipimpin oleh Plh. Bupati Pasuruan Mujib Imron didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Soegeng Soegijanto dan Kepala Bidang Usaha Perikanan, Erny Rosanty.

Dalam audiensi tersebut, Plh. Bupati menyampaikan tentang beberapa usulan program yang diharapkan dapat dilaksanakan tahun depan. Terutama yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan. Baik perikanan tambak, laut maupun air tawar.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perikanan atas bantuan yang sudah dihibahkan. Diantaranya berupa chess freezer dan mobil pendingin untuk hasil tangkapan ikan laut. Berikut juga kami sampaikan tentang beberapa usulan program yang bisa diakses Dinas Perikanan yang bersumber dari DAK dan APBN,” jelas Gus Mujib sapaan Plh. Bupati Pasuruan pada hari Kamis (21/7/2022).

Kepala Dinas Perikanan, Alfi Khasanah juga memaparkan tentang fokus pembangunan Pemkab Pasuruan di wilayah timur yang saat ini dikoordinasikan dan ditindaklanjuti bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman terkait perencanaan penataan kampung kumuh menjadi kampung nelayan maju, diantaranya di Desa Mlaten Kecamatan Nguling.

Direktur Usaha dan Investasi, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Catur Sarwanto menyambut posistif seluruh masukan konstruktif. Dari beberapa program akan ditindaklanjuti, disesuaikan dengan program di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab Pasuruan karena sudah berkomitmen memanfaatkan sarana prasarana bantuan dengan optimal. Tentunya, kami akan tindaklanjuti semua usulan program yang tadi disampaikan Plh. Bupati dan Kadis Perikanan. Tentunya kami sesuaikan dengan besaran anggaran di Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Catur.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Soegeng Soegijanto menambahkan, khusus Kluster Daya Saing (KDS) terkait Kecamatan Beji sebagai sentra pengasapan, selaras dengan program sentra kuliner ikan di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga menjadi spirit terbarukan bagi Dinas Perikanan untuk lebih memaksimalkan potensi pengolahan ikan dalam rangka meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat pesisir.  

Dinas Perikanan memiliki beberapa program unggulan berkelanjutan. Ada 3 KDS, pertama, Kecamatan Nguling dijadikan sebagai sentra pemindangan, kedua, Kecamatan Lekok sebagai sentra pengeringan ikan dan ketiga, Kecamatan Beji sebagai sentra pengasapan. (yan/n)

 

#pasuruan