Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Pasuruan Ikut Serta Dalam Event Promosi AOE 2022

Diunggah pada : 21 Juli 2022 15:08:25 66
Plh Bupati Mujib Imron dalam event promosi potensi daerah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo (AOE) 2022

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Pasuruan ikut serta dalam event promosi potensi daerah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo (AOE) 2022, yang digelar selama tiga hari mulai 20 Juli hingga 22 Juli 2022 di Hall A-B Jakarta Convention Center (JCC), dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian pada Rabu (20/7/2022).

Didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Diano Vela Fery Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Eka Wara dan Kepala Perangkat Daerah lainnya, Plh Bupati Mujib Imron memuji tampilan cantik beragam produk kerajinan yang dipajang di stan, seperti tas dan sepatu berbahan baku serat alam dengan metode pewarnaan ecoprint yang menghasilkan produk kerajinan estetik.

Gus Mujib sapaan akrabnya memberikan semangat dan motivasinya, seperti yang disampaikannya kepada para pengrajin kriya produk bermerek dagang LETES dari Kecamatan Purwosari, binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan pada saat meninjau stan pameran.

“Inovasi produk kerajinan daur ulang yang sudah dihasilkan Ibu-Ibu sudah bagus. Monggo bisa terus ditingkatkan kreasi dan inovasi karya produk-produknya biar lebih branded lagi,” ucap Plh. Bupati dengan penuh semangat dalam ajang eksebisi yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian pada hari Rabu (20/7/2022) tersebut.

Pemilik produk LETES, Ani Nurdiana, menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Pasuruan sudah memfasilitasi untuk mengikuti pameran APKASI.

“Kami bawa tas model totebag, dompet dan bermacam sepatu, seperti model sneaker, sepatu bootcasual dan highheel. Semuanya istimewa karena berbahan serat alam dan kulit semisal kulit kambing, domba dan sapi dengan pewarnaan ecoprint. Bahan pewarnanya dari dedaunan, biji dan kulit kayu secang, akasia dan tingi,” jelas Ani dengan sumringah.

Dalam event promosi potensi daerah ini Pemkab Pasuruan meramaikannya dengan aneka produk-produk unggulan makanan olahan seperti abon ayam dan sapi, stick susu kambing dan sapi, chrispy chicken food  yang ditampilkan oleh para pelaku UMKM binaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Ada juga produk pertanian unggulan hasil binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, seperti mangga gadung klonal 21, mangga garifta, pisang cavendish, kentang granola dan kentang merah, paprika, apel serta aneka makanan minuman olahan dan aneka produk Kopi.

Sementara itu, para pelaku UMKM binaan Dinas Perikanan juga mengeluarkan bermacam produk makanan olahan berbahan dasar ikan. Seperti stik patin, pat mie, rambak patin, rambak kulit kakap, lempuk crispy, stick rajungan, amplang tenggiri dan rengginang ikan. Sedangkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan menampilkan beragam kerajinan bordir dari Kecamatan Bangil dan letes dari Kecamatan Purwosari.

Turut berpartisipasi dalam pameran dengan leading sector Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tersebut, Dinas Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Bagian Perekonomian. Hadir pula ke-24 Camat dan beberapa kepala pemerintahan daerah di lingkungan Pemkab Pasuruan. (yan/n)

#pasuruan