Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Ngobrol Santai Tentang Sampah

Diunggah pada : 1 Maret 2023 10:31:05 35
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, dengan nama NGONTES ‘Ngobrol Santai Tentang Sampah’ dengan tujuan mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan sampah.

“Walaupun dirasa mustahil untuk mencapai target pengurangan gas rumah kaca, namun tidak ada yang tidak mungkin. Tindakan besar hanya dapat dimulai melalui satu langkah kecil. Kita dapat berkontribusi melalui langkah kecil yaitu mengelola sampah kita sendiri,” ungkap Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati Selasa (28/2/2023) sebagaimana dipublikasikan dalam laman resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto. 

Bupati Ikfina meminta agar kesadaran melakukan pengelolaan sampah muncul pada masing-masing masyarakat. Menurutnya, tanggung jawab pengelolaan sampah harus dilakukan secara bersama. “Masalah sampah ini tidak bisa dipasrahkan kepada pemerintah saja, ini harus kita kelola bersama dan menjadi tanggungjawab bersama,” tuturnya.

Melalui peringatan HPSN 2023 ini, Bupati Ikfina berharap seluruh undangan yang hadir bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bersama terkait pengelolaan sampah. “Acara hari ini diselenggarakan untuk ngangsu kawruh para pihak yang telah mengelola sampahnya yang diharapkan dapat direplikasi bahkan dimodifikasi agar lebih baik lagi sesuai dengan kondisi ditempat masing-masing,” jelasnya.

Agenda NGONTES ini pun tampak berbeda dari agenda yang biasanya dilangsungkan oleh Pemkab Mojokerto. Melalui acara ini, panitia pun tidak menyediakan makanan atau minuman yang meninggalkan sampah anorganik. Hal kecil itu diharapkan menjadi langkah awal untuk mengurangi sampah. “Ayo kelola sampah karena memang tanggung jawab kita. Ayo kelola sampah karena itu menyejahterakan kita. Bersatu bersama melangkah sekarang demi Kabupaten Mojokerto yang bersih dan sehat,” pungkasnya. (idc/hjr)

#Bupati Mojokerto #Hari Peduli Sampah Nasional