Rabu, 19 Juni 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024

Diunggah pada : 31 Maret 2023 11:16:26 129
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mojokerto menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mojokerto tahun 2024 di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Kamis (30/3/2023).

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menyampaikan, dalam penyusunan RKPD tahun 2024, Pemkab Mojokerto telah melewati beberapa rangkaian kegiatan sampai evaluasi Rencana Pembangunan (Renbang) untuk menentukan isu strategis Kabupaten Mojokerto Tahun 2024.

“Selanjutnya, melaksanakan forum konsultasi publik dengan tujuan untuk menjaring beberapa saran dan masukan dari stakeholder. Lalu, melaksanakan berbagai rangkaian Musrenbang RKPD mulai dari tingkat Kecamatan, Musrenbang Tematik Perempuan, Musrenbang Tematik Anak, dan melaksanakan forum perangkat daerah atau lintas perangkat daerah yang dilakukan dengan memaparkan Kerangka Acuan Kegiatan atau KAK sub kegiatan oleh PPTK pada masing-masing perangkat daerah,” jelas Bupati Ikfina melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Dalam kerangka penyusunan RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2024, Bupati Ikfina pun menegaskan, agar Bappeda Kabupaten Mojokerto dapat mengawal usulan yang menjadi prioritas Kecamatan untuk dibahas pada Musrenbang kali ini.

“Perangkat daerah wajib untuk mengakomodir usulan Musrenbang Kabupaten Mojokerto yang menjadi prioritas sampai dengan menjadi dokumen pelaksanaan anggaran,” imbau Bupati Ikfina.

Selain berpedoman pada dokumen perencanaan baik dari pusat, provinsi maupun capaian kinerja daerah tahun sebelumnya, Bupati Ikfina juga mengimbau kepada semua perangkat daerah agar wajib berpedoman pada visi, misi dan program prioritas kepala daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Mojokerto Tahun 2021-2026 dan RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2024.

“Perangkat daerah harus bisa efisien, fokus, kreatif, dan mampu bersinergi,” ujar Bupati Ikfina.

Tak hanya itu, Bupati Ikfina pun meminta agar memerhatikan dan mensinergikan perencanaan 2024 dengan pokok-pokok pikiran DPRD, serta saran atau masukan yang disampaikan pada forum konsultasi publik maupun pelaksanaan Musrenbang sebelumnya.

"Serta memerhatikan aspek kemampuan keuangan daerah dan mandatory spending mulai dari pembebanahan anggaran daerah, kemampuan mendukung peningkatan pendapatan daerah, dan kemampuan mendukung peningkatan perekonomian daerah," pintanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi, berharap melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2024 kali ini, semoga menjadi momen yang sangat strategis dalam mengomunikasikan dan mengoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis pada tahun 2024.

"Melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan yang dilandasi dengan itikad dan semangat yang baik, diharapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2024 akan semakin komprehensif dan berkualitas," kata Bambang.

Diketahui, selain Bupati Ikfina, turut  hadir pula dalam agenda ini Kabiro. Adm Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur Sigit Panoentoen, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Shofiya Hanak Al Barra, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, emDirektur BUMD dan Camat se-Kabupaten Mojokerto.

Pada agenda ini, Bupati Ikfina juga berkesempatan melakukan penandatanganan berita acara Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Tahun 2024 bersama Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh, Sekda Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi dan perwakilan camat serta kepala BUMD. (vin)

#Musrenbang #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #RKPD