Senin, 15 Juli 2024

Pemkab Mojokerto Gelar Lomba Cipta Menu Masak Ikan

Diunggah pada : 30 Mei 2024 15:07:57 34
Lomba cipta menu masak ikan tingkat Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Sebagai upaya meningkatkan kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk lebih gemar mengonsumsi ikan, Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar lomba cipta menu masak ikan tingkat Kabupaten Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto Kamis (30/5/2024), acara yang diinisiasi oleh Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto tersebut diikuti 18 TP PKK desa yang mewakili setiap Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, dilaksanakannya lomba cipta menu masak ikan yang mengusung tema 'Menjadikan tubuh sehat, kuat, dan cerdas' juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap cara mengolah ikan yang baik, sehingga dapat meningkatkan secara signifikan terhadap konsumsi ikan di tengah masyarakat serta dapat berdampak pada asupan nilai gizi yang baik.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengungkapkan, dilaksanakannya lomba cipta menu masak ikan, dinilai dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi komoditas ikan di tengah masyarakat.

Sehingga dalam menciptakan inovasi pada sebuah makanan, Bupati Ikfina pun menilai, agar berbagai kreasi olahan masakan yang telah dibuat juga dapat diterima dan disukai oleh masyarakat.

"Anda sudah memformulasikan dalam bentuk-bentuk yang beraneka ragam, jadi intinya harus dimakan dan intinya yang makan itu bahagia dan senang," ucap Bupati Ikfina di Pendopo Graha Maja Tama (GMT). 

Selain itu, untuk meningkatkan konsumsi ikan, Bupati Ikfina juga mengajak para orang tua untuk memberikan olahan masakan dari berbagai jenis ikan kepada anak, hal tersebut dinilai, karena perikanan Indonesia adalah yang terbesar di dunia, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Sehingga juga dapat meningkatkan pengetahuan jenis-jenis ikan dan meningkatkan kosakata terhadap anak.

"Dia bisa membedakan ketika makan ikan teri, bedanya dengan ikan wader, ikan patin, bedanya dengan ikan lele, dan bedanya dengan ikan mas, itu anak-anak bisa membedakan," ujarnya.

Bupati Mojokerto juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berkreasi menghasilkan berbagai menu masakan olahan ikan, sehingga harapannya tingkat konsumsi ikan di Bumi Majapahit semakin baik.

"Mudah-mudahan ini betul-betul membawa kemanfaatan untuk kita semuanya, dan pesan saya yang terkahir adalah menu yang Anda kreasikan ini harus menjadi menu favorit yang bisa meningkatkan konsumsi ikan," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #konsumsi ikan