Selasa, 23 Juli 2024

Pemkab Mojokerto Dorong Pelestarian Seni Budaya Berilai NU

Diunggah pada : 31 Mei 2024 12:54:33 31
Sekar Pamujan Harlah Lesbumi NU ke-64 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto mendorong warga nahdliyyin khususnya Lesbumi NU Kabupaten Mojokerto untuk terus mengembangkan dan melestarikan seni budaya sesuai dengan nilai-nilai NU.

"Karena Lesbumi NU Kabupaten Mojokerto berada di pusat ibu kota Kerajaan Majapahit, maka berarti nilai seni budayanya harus dikembangkan, dilestarikan, dan harus diwarnai dengan nilai-nilai NU ini. Tentu berbeda dengan di daerah lain," tutur Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto Jumat (31/5/2024), Bupati Ikfina menyampaikan sebagai daerah bekas kerajaan Majapahit, seni budaya menjadi identitas daerah yang harus dilestarikan melalui Lesbumi NU ini. Sebab, lesbumi ini adalah lembaga yang menaungi para seniman dan budayawan NU.

"Artinya di sini ada syiar agama Islam, dalam hal ini NU oleh para seniman dan budayawan nya. Pasti pelakunya ini tidak sembarangan. Ada kyai, gus, ning dan bu nyai dan pasti semuanya berjiwa seni," ungkapnya.

Bupati Mojokerto ini juga mengapresiasi ikhtiar dan kegiatan yang dilakukan oleh seniman dan budayawan NU di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Mojokerto. Ia juga menaruh harapan besar kepada seniman budayawan NU untuk terus melestarikan adat istiadat, seni dan budaya adiluhung. "Bagaimana kemudian adat istiadat, seni dan budaya leluhur kita yang adiluhung ini bisa dilestarikan, sehingga menjadi nilai-nilai untuk meningkatkan ketaqwaan," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #seni dan budaya