Rabu, 24 April 2024

Pemkab Mojokerto Bantu 275 Ekor Itik pada Peternak

Diunggah pada : 31 Mei 2023 9:51:39 51
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto menyerahkan bantuan total 275 ekor itik Mojosari kepada 63 peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani ‘Sumber Tani Empat’ dan 20 peternak khusus unit usaha, Selasa (30/5) di Desa Plososari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. 

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati.  Bantuan sejumlah 275 itik indukan itu terdiri dari  25 ekor itik jantan dan 250 ekor itik betina. Tak hanya itu, Bupati Ikfina juga menyerahkan 1 unit mesin tetas telur kapasitas 300 butir, 4 liter desinfektan, 20 pack vitamin dan 500 kilogram pakan konsentrat.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyampaikan penyerahan bantuan itik ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Mojokerto agar segera memulihkan kondisi ekonomi. Selain itu, peternakan dinilai menjadi potensi yang penting di Kabupaten Mojokerto, terutama dalam pengendalian inflasi.

"Jadi saat ini pemerintah daerah terus diperingatkan oleh pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi. Inflasi itu menyebabkan barang naik terus. Karena pasokannya kurang, sedangkan yang membutuhkan banyak," jelasnya.

Kepada para peternak, Bupati Ikfina pun meminta agar bisa memanfaatkan segala potensi yang ada termasuk kotoran hewan. Ia menilai, segala kotoran hewan ternak bisa dimanfaatkan dan bisa diolah menjadi pupuk organik.

"Peternakan semuanya bisa dimanfaatkan. Jadi tidak ada yang terbuang, semua bisa dimanfaatkan. Dan ini tentu bisa dikelola ini untuk dijadikan pupuk organik," ujar Bupati Ikfina. 

Selanjutnya, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu pun mengapresiasi segala sesuatu yang telah dilakukan peternak maupun petani dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

"Karena ini peternak dan juga petani. Saya minta tolong untuk bisa menjaga stabilitas pangan. Karena saat ini banyak negara penghasil beras yang tidak mau ekspor. Semoga Kabupaten Mojokerto bisa menjaga inflasi dan ketahanan pangan tetap aman," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, selain Bupati Ikfina, kegiatan penyerahan bantuan itik tersebut dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah, Forkopimca Puri, Kepala Desa Plososari dan Ketua Kelompok Tani ‘Sumber Tani Empat’. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Bantuan #Pemkab Mojokerto