Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Mojokerto Bahas Peningkatan PAD melalui Pelayanan Kesehatan

Diunggah pada : 5 April 2023 10:01:53 45
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada kesempatan ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meminta peningkatan PAD tersebut dilakukan melalui upaya peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Mojokerto. 

"Pemerintah pusat terus menargetkan kepada pemerintah daerah terkait capaian UHC (Universal Health Coverage). Salah satu yang dinilai adalah bagaimana pelayanan kita kepada masyarakat, pelayanan ini harus terus ditingkatkan," ujarnya di smart room Satya Bina Karya Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Selasa (4/4/2023). 

Bupati Ikfina mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Mojokerto tidak boleh hanya fokus terhadap pelayanan, tetapi juga harus memikirkan upaya untuk meningkatkan PAD. "Kita tidak boleh fokus ke pelayanan saja, kita harus putar otak, karena salah satu potensi meningkatkan PAD juga dari bidang kesehatan," katanya seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto. 

Oleh karena itu, bupati dengan latar belakang dokter ini meminta agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Mojokerto terus ditingkatkan sembari meningkatkan PAD. "Pemda tidak meminta Anda untuk membiayai kegiatan pemda, saya minta tolong, pelayanan kesehatan terus ditingkatkan sebaik-baiknya, sehingga berimbas dalam mendongkrak PAD Kabupaten Mojokerto," tuturnya. 

Dengan meningkatnya PAD dari bidang kesehatan, lanjut Ikfina, untuk pembiayaan terkait pelayanan kesehatan bisa menggunakan anggaran yang dihasilkan dari bidang kesehatan. "Kalau PAD dari kesehatan meningkat, untuk kesehatan tidak lagi menggunakan anggaran yang lain, melainkan dari hasil pelayanan kesehatan itu sendiri," jelasnya. (idc/n)

#Kabupaten Mojokerto #Pendapatan Asli Daerah