Kamis, 25 April 2024

Pemkab Mojokerto Bahas Capaian Indeks Desa Membangun

Diunggah pada : 25 Oktober 2022 13:39:10 86
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dalam Evaluasi Pencapaian Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022 dan Perencanaan IDM Tahun 2023 Kabupaten Mojokerto yang digelar Senin, 24 Oktober 2022, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengatakan, pemutakhiran data status perkembangan desa melibatkan beberapa pihak. 

Mulai dari satker Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), kepala desa serta tenaga pendamping profesional baik dari Tenaga Ahli pendamping Provinsi (TA Provinsi), tenaga ahli pendamping kabupaten (TA kabupaten), Pendamping Desa (PD) kecamatan dan pendamping lokal desa (PLD).

Sebagai basis data, hasil-hasil IDM dapat memberikan pemetaan terhadap status dan posisi desa. Perhitungan IDM menghasilkan peta atas status desa yang terbentuk dari dimensi-dimensi dalam indeks desa membangun.

"Jadi setiap indeks memiliki dimensi dan indikatornya masing-masing. untuk itu, dalam mewujudkan desa mandiri dibutuhkan lagkah-langkah strategis yang terencana, terarah, dan terukur, sehingga memudahkan monitoring perkembangan dan kemajuannya," terang Ikfina sebagaimana dilansir di laman resmi Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto.

Pemutakhiran data IDM, lanjut Ikfina, diukur menggunakan tiga komponen yaitu indeks ketahanan ekonomi (IKE), indeks ketahanan sosial (IKS), dan indeks ketahanan lingkungan (IKL) yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ikfina membeberkan dari tahun 2017 Kabupaten Mojokerto belum memiliki desa mandiri, dan masih ada desa tertinggal dan desa sangat tertinggal. Kemudian tahun 2018, Kabupaten Mojokerto belum memiliki desa mandiri, namun sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

"Namun di tahun 2019, Kabupaten Mojokerto sudah memiliki jumlah desa mandiri sebanyak 12 desa. Tahun 2020 bertambah menjadi 22 desa mandiri. Tahun 2021 menjadi 45 desa mandiri dan saat ini tahun 2022 sudah memiliki 69 desa mandiri. Perencanaan di tahun 2023 akan memiliki 112 desa mandiri," tukasnya.

Dari pencapaian data IDM itu, Ikfina menyebut Kabupaten Mojokerto mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan setiap tahun mengalami peningkatan jumlah desa mandiri. Menurutnya, semua itu berkat peran dan kerja keras mulai dari Pemkab Mojokerto hingga Pemerintah Desa, serta dengan pendampingan dari TAPM Kabupaten Mojokerto sekaligus PD dan PLD.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak atas pencapaian meningkatnya status desa mandiri ini. Dan maka ini akan berdampak pula pada meningkatnya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa," pungkasnya. (idc/n)

#Bupati Mojokerto #indeks desa membangun