Sabtu, 20 April 2024

Pemkab Lamongan Gandeng Yayasan SPMAA Wujudkan Pembangunan

Diunggah pada : 28 Mei 2023 11:07:17 209
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Lamongan menggandeng Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) untuk membantu mewujudkan pembangunan di Kabupaten yang baru saja genap berusia 454 tahun ini. 

SPMAA merupakan yayasan yang didirikan pada tahun 1961 oleh Kyai Abdullah Muchtar di Kecamatan Turi. Di dalamnya terdapat pengembangan swadaya masyarakat nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, lingkungan hidup dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui media pembinaan mental spiritual secara islami.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengatakan, pembangunan utuh atau pembangunan yang terdiri dari fisik dan nonfisik masih menjadi komitmen Kabupaten Lamongan. Pada pembangunan nonfisik berupa pembangunan mental spiritual bagi masyarakat.  

“SPMAA ini adalah aset kami dalam menebarkan ilmu pengetahuan di seluruh Nusantara. Ilmu yang disebar berlandaskan Islam tersebut pasti dapat menyempurnakan pembangunan spiritual bagi masyarakat Lamongan. Karena sumber daya manusia yang berkarakter akan menyempurnakan pembangunan fisik yang dilakukan,” tuturnya dalam kegiatan bedah manuskrip dan seminar pendidikan oleh cabang SPMAA Lamongan, Sabtu (27/5/2023) di Kabupaten Lamongan.

Pak Yes, sapaan akrap Bupati Lamongan mengatakan dengan menggencarkan pembangunan nonfisik atau pembentukan karakter pada SDM di Lamongan, mampu meraih ragam capaian. Salah satunya pada indeks pembangunan manusia (IPM) yakni 74,02 bahkan menjadi angka yang unggul dari angka Jawa Timur.

Mengambil inti dari manuskrip yang ditulis oleh Kyai Abdullah Mochtar, Pak Yes pun mengajak untuk memelihara konsistensi suci dalam berkehidupan di dunia, baik suci pikiran, suci perbuatan, dan suci perkataan karena semua bagian dari esensi kehidupan. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #pembangunan