Jumat, 19 April 2024

Pemkab Bojonegoro Lanjutkan Insentif Bagi Guru TPA/TPQ

Diunggah pada : 24 Januari 2023 17:33:05 231
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Bojonegoro

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat memastikan insentif bagi guru Taman Pendidikan Al Quran (TPA/TPQ) akan kembali diberikan pada 2023. Hal ini sebagai bentuk komitmen dan perhatian pemerintah dalam pendidikan maupun kegiatan keagamaan.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Bojonegoro, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Bojonegoro Sahlan mengatakan selain pembangunan fisik yang telah dilaksanakan dengan baik dan cepat, juga perlu pembangunan mental dan spiritual bagi masyarakat yang salah satunya bisa juga melalui pendidikan dan kegiatan keagamaan.

Maka, menurut Sahlan, pemberian insentif juga sebagai bentuk apresiasi atas peran serta para guru ngaji yang sangat penting dalam membentuk karakter generasi masa depan.

“Untuk tahun 2022 sebanyak 3.680 guru TPQ sudah menerima dana insentif dari Pemkab Bojonegoro. Setiap guru mendapat insentif Rp 150.000 setiap bulanya,” ungkap Sahlan.

Sahlan juga mengungkapkan, bahwa pemerintah meluncurkan banyak sekali program kegiatan pemberian insentif. Yakni, selain kepada Guru TPA/TPQ, juga pelaku kegiatan keagamaan lainnya, diantaranya  marbot masjid, takmir masjid, modin wanita, santunan duka, jamaah tahlil wanita dan jamaah tahlil pria.

Oleh karena itu, Sahlan berharap agar pendidikan agama serta kegiatan keagamaan terus menjadi perhatian utama oleh ustad-ustadzah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas intelektual maupun cerdas spiritual. "Ke depan bisa menjadi generasi yang unggul, beriman dan bertaqwa," harapnya.

Sementara itu, salah satu ustadzah dari Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberrejo tepatnya dari lembaga TPQ Nurul Ummah Lailatul Magfiroh mengaku, Ia merasa sangat senang dan mengapresiasi atas perhatian Pemkab Bojonegoro kepada para guru TPA/TPQ ini.

“Terimakasih untuk insentif yang diberikan, kami siap mendukung program Pemkab Bojonegoro baik di sektor pendidikan maupun kegiatan keagamaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (vin)

#Kabupaten Bojonegoro