Jumat, 19 April 2024

Pemkab Bojonegoro Bangun Masjid di Wilayah Barat Perbatasan Kabupaten

Diunggah pada : 17 Januari 2023 14:44:21 536
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Bojonegoro

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya membangun masjid di kawasan barat Kabupaten Bojonegoro tepatnya di Kecamatan Margomulyo yang mana merupakan perbatasan dengan Kabupaten Ngawi. Pembangunan masjid ini diharapkan bisa menjadi daya tarik di wilayah perbatasan Kabupaten Bojonegoro.

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Bojonegoro, Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro Beny Kurniawan menjelaskan bahwa tujuan pembangunan adalah supaya menjadi salah satu destinasi religi, rest area di wilayah barat Bojonegoro.

“Untuk syiar islam dan juga dapat meramaikan kawasan setempat agar perekonomian meningkat. Hal yang menarik, masjid di desain megah,”terang Beny, pada Selasa (17/1/2023)

Beny mengungkapkan, bahwa pembangunan masjid ini dimulai tahun 2021 hingga 2023. Dikatakannya, di tahap dua pada 2022, pengerjaan sudah rampung 100 persen dan di tahun 2023 berada dalam tahap finalisasi perencanaan.

“Masjid dibangun di atas lahan seluas 2,9 hektar,  dengan 1 lantai dan luas bangunan 6891,04 meter persegi. Dalam bangunan tersedia ruang kantor dan perpustakaan,” ungkap Beny.

Dipaparkan pula oleh Beny, bahwa masjid yang dapat menampung 1.877 jemaah ini memiliki  kapasitas jamaah di bagian gedung utamanya sebanyak 396 orang, bagian serambi masjid sebanyak 416 orang, bagian atas kolam sebanyak 69 orang, dan bagian pelataran 996 orang.

Untuk tempat parkir Beny menjelaskan, sementara terbagi dua yakni parker luar dan dalam. Yang kapasitas parkir dalam bisa muat 99 mobil, sedangkan parkir luarnya dapat menampung 8 mobil dan 7 bus. (vin/n)

#Kabupaten Bojonegoro