Sabtu, 20 April 2024

Pemintaan Hewan Kurban Naik, Kementerian Pertanian Pastikan Stok Aman

Diunggah pada : 15 Juni 2022 10:22:34 504
Ternak sapi/its

Jatim Newsroom- Kementerian Pertanian optimistis bisa memenuhi kebutuhan hewan ternak kurban Idul Adha 2022. Saat ini, stok sapi mencapai 882.266 ekor, sedangkan stok kerbau 27.179 ekor, stok kambing 952.390 ekor dan domba mencapai 403.826 ekor. Sehingga total stok hewan kurban untuk tahun ini 2.205.660 ekor.

"Sementara kebutuhan hewan kurban 1.814.402 ekor, artinya di tahun ini ada surplus hewan kurban sejumlah 391.258 ekor sesuai neraca stok hewan kurban per 10 Juni 2022," ucap Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri dalam konferensi pers online, Selasa (14/6/2022),

Ia mengakui permintaan hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan sebesar 11-13 persen, dibandingkan 2021. sementara tingkat kematian ternak akibat PMK tergolong sangat kecil, yaitu sekitar dua persen. Secara populasi, stok ternak kita untuk kebutuhan pemotongan hewan kurban masih cukup aman.

Selain ketersediaan stok ternak untuk penyelenggaraan kurban nanti, Kuntoro juga meminta masyarakat tenang dan tidak perlu khawatir tentang kemungkinan penularan PMK ke manusia. “PMK bukan penyakit yang dapat menular atau membahayakan ke manusia. Daging ternak yang positif PMK masih dapat dikonsumsi selama dimasak dengan benar,” jelasnya.

Memahami kekhawatiran publik terhadap dampak PMK, Kuntoro menyebutkan pihak Kementan akan terus menyosialisasikan pencegahan penularan PMK melalui pemotongan hewan kurban yang baik di daerah wabah, tertular, terancam, dan bebas.

Mengenai daerah yang mengalami defisit jumlah hewan kurban, Kuntoro menyebutkan bisa memenuhinya dari daerah yang surplus dengan proses rekayasa lalu lintas ternak hewan kurban, baik melalui jalur darat satu pulau, maupun jalur laut dan pintu masuk pelabuhan zona hijau PMK. "Kementan baru-baru ini melakukan perubahan distribusi ternak dari NTT dan NTB dari jalur darat melewati Jatim, menjadi menggunakan Tol Laut, " tambahnya.

Mengatasi PMK, Kementerian Pertanian bersama dengan Pemprov Jawa Timur, Selasa (14/6/2022) telah mulai melakukan kegiatan vaksinasi massal dalam upaya pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Vaksinasi massal mulai dilakukan di Kabupaten Sidoarjo.

Pencanangan vaksinasi massal secara nasional di peternakan sapi perah Dusun Tanjunganom, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo. Lokasi kedua dilakukan di Kelompok Ternak Pertapaan Jaya, Dusun Banjar Anyar, Desa Pertapaan Maduretno Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Vaksinasi masal secara nasional ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan permanen dan upaya serius pemerintah dalam rangka pencegahan dan pengendalian PMK melalui pengebalan hewan yang rentan PMK.

Pemerintah pada tahap pertama akan mengadakan vaksin sebanyak 800 ribu dosis dan direncanakan tahap berikutnya sebanyak 2,2 juta dosis. Pada tanggal 12 Juni 2022 lalu telah tiba Sebagian vaksin tahap pertama sebanyak 10.000 dosis.

Vaksin tersebut akan didistribusikan ke Koperasi Unit Desa (KUD) sapi perah di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, serta 4 Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pembibitan yaitu Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Baturaden, Balai Embrio Transfer Cipelang, Balai Inseminasi Buatan Lembang, dan Balai Inseminasi Buatan Singosari. (jal/hjr)

#PMK