Jumat, 29 Maret 2024

Pemilu 2024, KPU Jatim Perkuat Sinergitas Bersama Media

Diunggah pada : 20 Oktober 2022 10:42:17 118
Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro saat bersama media di Jatim untuk mensosialisasikan tahapan pemilu 2024

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memberikan paparan membangun sinergisitas bersama Media. Hal ini dilakukan untuk memperkuat hubungan KPU Jatim dan media untuk mensosialisasikan tahapan pemilu 2024 yang dikemas dalam media gatering.

Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro selaku narasumber mengatakan bahwa tujuan sinergisitas KPU dengan Media ini antara lain untuk membangun simbiosis mutualism antara penyelenggara pemilu dengan media. “Menguntungkan yang dimaksud ialah dimana KPU mendapatkan bantuan dalam pemberitaan. Sedangkan Media mendapatkan informasi yang valid terkait Pemilu 2024 karena yang paling paham mengenai kepemiluan adalah KPU,” kata Gogot, Kamis (19/10/2022).

Tujuan berikutnya, yaitu untuk memelihara komunikasi yang harmonis antara KPU dengan publik, melayani kepentingan publik, serta memelihara perilaku dan moralitas lembaga dengan baik. Sinergisitas ini semakin penting mengingat Media memiliki beberapa peran strategis dalam Pemilu dan Pemilihan. “Diantaranya menyampaikan informasi pemilu dan pemilihan terhadap masyarakat, memberikan pendidikan, membentuk pemikiran; dan pembelajaran politik masyarakat, serta sebagai kontrol terhadap penyelenggaraan pemilu dan pemilihan,” jelas Gogot.

Berikutnya, bentuk sinergi media dengan penyelenggara Pemilu dan Pemilihan antara lain dalam sosialisasi, pelayanan informasi, kampanye, pemberitaan, penerbitan, dan kehumasan. Acara semakin semarak saat memasuki Focus Group Discussion (FGD) bersama 50 orang perwakilan dari berbagai Media. Bertindak sebagai fasilitator Jurnalis Transmedia, Wida Subianto.

Melalui FGD ini diharapkan KPU Jatim mendapat masukan dari berbagai Media di Jatim. Serta melakukan harmonisasi-harmonisasi program dan kegiatan untuk menyukseskan Pemilud dan Pemilihan 2024. (pca/hjr)

#kpu jatim