Rabu, 17 Juli 2024

Pejabat Struktural Disnakertrans Jatim Dibekali Publik Speaking

Diunggah pada : 22 Mei 2024 20:15:49 131
Disnakertrans Jatim bekali Publik Speaking Seluruh Pejabat Struktural

Jatim Newsroom - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas SDM pengawas dan administrator. Kegiatan yang dibuka Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto, ini berlangsung di ruang Kendedes, Shanaya Resort Malang selama 2 hari mulai tanggal 21 - 22 Mei 2024.

Forum ini dikemas dalam bentuk pembekalan publik speaking dengan konsep pemaparan materi dari narasumber sekaligus praktek publik speaking. Selain materi publik speaking, disampaikan pula materi professional grooming dan personal branding. Peserta antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh founder PT. Sinergi Bicara Indonesia, Rizqiani Putri.

Kegiatan dipimpin sekretaris Disnakertrans Jatim, Agus Gunawan, dihadiri sebanyak 114 peserta yang merupakan pejabat administrator dan pejabat pengawas di seluruh unit kerja Disnakertrans Jatim.

Dalam sambutannya, Sigit Priyanto menyampaikan bahwa pejabat publik mempunyai kedudukan dan peran sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat terdepan, langsung berhadapan dengan masyarakat. 

Sigit menambahkan jika seorang pejabat struktural tidak cukup sekedar profesional, paham tupoksi, luas wawasan pengetahuan umum tapi juga dituntut mampu berkomunikasi dengan baik, secara internal maupun eksternal.

“Salah satu kompetensi individu yang sangat diperlukan bagi setiap ASN tersebut adalah public speaking atau berbicara di depan publik” terang Sigit.

“Pejabat administrator dan pejabat pengawas merupakan pemimpin yang dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial dan public speaking kepada pihak eksternal atau stakeholder lain maupun pihak internal yaitu rekan kerja dan bawahan," imbuhnya.

Dengan demikian seorang leader yang memiliki kemampuan public speaking yang baik dapat menginspirasi, mempengaruhi,  menyampaikan pesan dengan jelas dan menjadi pemimpin yang efektif.

Pada kesempatan yang sama sekretaris Disnakertrans Jatim, Agus Gunawan, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar seluruh pejabat administrator dan pengawas dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan leadership, sekaligus mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan menjadi komunikator yang baik.

Sedangkan pada sesi akhir materi narasumber, Rizqiani Putri, mengajak seluruh peserta untuk semangat dan memotifasi diri untuk menerapkan publik speaking dengan baik dan benar pada bidang tugas masing-masing. Dengan jam terbang yang banyak maka kemampuan publik speaking akan dapat diupgrade dengan baik.

“Panggung adalah kesempatan dan kesempatan adalah panggung” tutur Putri. (her/s)

#disnakertrans