Jumat, 26 April 2024

Pasca Pandemi, Sosial Ekonomi Lamongan Kembali Bangkit

Diunggah pada : 22 Mei 2023 19:01:08 77
Sumber foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan berhasil kendalikan pandemi Covid 19 dengan sinergi kolaborasi. Keberhasilan tersebut ditandai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang kembali bangkit pasca pandemi.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, capaian yang diperoleh Lamongan harus terus dipelihara dan dibangkitkan. Hal ini supaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan landasan yang dicetuskan oleh organisasi pemuda Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Soetomo dan para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA). Yaitu, memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

"Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) harus kita jadikan refleksi untuk terus mendorong nasionalisme pada diri masing-masing serta berkomitmen wujudkan kehidupan bangsa yang memerdekakan cita-cita masyarakat dan sejahtera. Pandemi yang menjangkiti kita pada 3 tahun lalu berhasil kita kendalikan, salah satunya dengan mendapat predikat Kabupaten pertama di Indonesia dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1, selain itu juga sosial ekonomi yang semakin tumbuh," tutur Bupati yang kerab disapa Pak Yes saat bertindak sebagai pembina upacara Harkitnas ke 115, Senin (22/5/2023) di halaman Pemkab Lamongan.

Seperti diberitakan, pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Menghadapi transisi ke masa endemi, ekonomi Lamongan terus tumbuh mencapai 5,56% yangmana menjadi capaian tertinggi selama 5 tahun terakhir. Begitupun dengan capaian indeks pembangunan manusia 2022 yang terdiri dari indikator kesehatan, tingkat pendidikan dan indikator ekonomi sebesar 74,02%, angka yang diraih unggul daei rata rata Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi, Pak Yes berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar terus memelihara bara api semangat kebangkitan agar mampu mencetak penerus bangsa yang lekat akan jiwa nasionalisme. (ghf/s)

#lamongan #hari kebangkitan nasional