Senin, 3 Oktober 2022

Pangkoarmada II Meresmikan Kiosk Kamser Primkopal

Diunggah pada : 8 Juni 2022 17:47:37 85
Peresmian kiosk Kamser oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto

Jatim Newsroom-Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto didampingi Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada II Ny Dewi Iwan Isnurwanto, meresmikan pertokoan kiosk Kamser (Kampung Seratus) Koarmada II. Bertempat di Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) Koarmada II Ujung Surabaya, Rabu (8/6/2022).

Dalam sambutannya Pangkoarmada menyampaikan, Kiosk Kamser Koarmada II berdiri di atas lahan yang dulu kita kenal dengan sebutan Kamser atau Kampung Seratus yang bertempat di Daerah Basis Angkatan Laut, selain sebagai komplek perumahan para Prajurit, Kampung Seratus juga memiliki fasilitas untuk mendukung kebutuhan Prajurit Armatim sebelum validasi organisasi menjadi Koarmada II dalam pemenuhan logistik waktu itu." terangnya.

Catatan sejarah menyatakan wilayah Ujung merupakan daerah yang strategis bagi kerajaan Majapahit dan kolonial Belanda, yang menjadikan Ujung sebagai basis pertahanan dan perdagangan. Hingga saat ini wilayah Ujung terutama Kampung Seratus masih merupakan tempat yang memiliki daya tarik tersendiri bagi warga di luar.

"Seiring berjalannya waktu perubahan demi perubahan terjadi di kawasan ini. Upaya modernisasi hunian bagi Prajurit TNI Angkatan Laut khususnya yang berada di wilayah Kampung Seratus telah terlaksana melalui pembangunan Flat-Flat yang memiliki nilai strategis, dalam upaya menyelaraskan kebutuhan prajurit dengan tugas-tugasnya.” Jelas Pangkoarmada II.

Selanjutnya Pangkoarmada II menyampaikan, secara objektif harus kita akui bahwa selama ini upaya untuk membangun dan meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana pendukung telah banyak dilakukan dan telah memberikan berbagai manfaat yang positif bagi Koarmada II, salah satu upaya tersebut adalah pembangunan Lapak 29, Navy Mart dan yang baru saja selesai pembangunannya adalah Kiosk Kamser Primkopal Koamada II, kata Kiosk yang diambil dari bahasa Inggris memiliki makna kios atau toko kecil ini sangat relevan dengan jenis bangunan yang dipakai oleh Primkopal Koarmada II.

“Atas berkah ini saya ucapan selamat atas selesainya pembangunan Kiosk Kamser Primkopal Koarmada II, saya sebagai pimpinan sekaligus mewakili seluruh Prajurit Koarmada II merasa berbahagia dan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan ini ," uangkapnya.

Ia berharap, Hadirnya Kiosk Kamser ini akan menghidupkan kembali sejarah Kamser sebagai pusat belanja kebutuhan prajurit dan keluarganya dan menciptakan daerah, yang bersih serta modern, sehingga nyaman untuk digunakan sebagai Rest Area serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi UKM di lingkungan keluarga besar Koarmada II, baik kepada Primkopal Koarmada II dan segenap personil jajarannya. "Saya berpesan untuk merawat dan menjaga gedung beserta fasilitasnya dengan sebaik-baiknya supaya bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya." tegas Laksda Iwan.

Kegaitan dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas Kiosk Kamser yang talah di siapkan sebanyak 65 Stan, terdiri dari Kiosk Loundry, perlengkapan atribut TNI, makanan ringan, penjahit dan Bordir. Selesai pelaksanaan peninjauan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada II. 

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kaskormada II, Ir Pangkoarmada II, Kapoksahli Pangkoarmada II, Danguspurla Koarmada II, Para Asisten Pangkoarmada II, Kaprimkopal, para Kadis dan Kasatker Koarmada II. (hjr)

#Koarmada II #TNI AL #pangkoarmada II