Kamis, 25 April 2024

Organisasi Palang Merah Internasional Berikan Bantuan Penanganan Bencana Semeru

Diunggah pada : 17 Juni 2022 11:12:23 116
Sekjen PMI Sudirman Said dan Ketua PMI Jatim H Imam Utomo berfoto bersama para penerima bantuan dari IFRC di Pendopo Kabupaten Lumajang

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bekerjasama dengan Palang Merah Internasional IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies) memberikan bantuan non-tunai kepada masyarakat terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru Lumajang. Kegiatan yang berlangsung, Jumat (17/6/2022) itu dilakukan dalam rangka memperingati hari donor darah se-dunia.

Penyerahan bantuan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Lumajang tersebut  dihadiri oleh Sekjen PMI Pusat Sudirman Said, Ketua bidang Penanggulangan Bencana Sumarsono, Sekretaris Daerah Lumajang dan beberapa jajaran pengurus PMI Provinsi Jatim dan Kabupaten Lumajang lainnya.

Tercatat ada 1.650 jiwa yang menerima bantuan non-tunai. Tiap orang akan menerima bantuan senilai Rp 1,5 juta sehingga total bantuan berjumlah 2,4 miliar lebih. Bantun akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan diserahkan secara simbolis kepasa 10 penerima.

Rata-rata para penerima bantuan adalah korban terdampak bencana guguran Awan Panas Gunung (APG) Semeru di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo Lumajang yang terjadi pada Desember 2021 lalu.

Sekjen PMI Sudirman Said mengatakan tujuh prinsip gerakan kepalang merahan harus tetap dipegang teguh yang meliputi kemanusiaan, kemandirian, kesatuan, kesamaan. “Di PMI tidak boleh ada embel-embel apapun,” tandas Sudirman Said.

Sebagaimana diceritakan Sekda Lumajang Agus Triono. “Saya salut dengan Ketua PMI Lumajang,  Budi Santoso yang memilih jalur PMI sebagai tempat pengabdian dengan melepas baju Ketua KONI Lumajang. Seharusnya memang seperti itu, karena PMI memutuhkan orang-orang yang tegas,” ujarnya.

Sudirman Said juga menjelaskan bahwa penanganan korban APG Semeru sangat bagus dan luar biasa. “ Karenanya ini oleh IFRC menjadi percontohan dan dibawa dan di kenalkan ke tingkat dunia, “ tambah Sudirman.

IFRC sebagai oganisasi Palang Merah Global dalam tugasnya tidak akan meninggalkan siapapun. Tentu juga membantu mereka yang paling terpapar resiko seperti APG Semeru ini.

Di mana korban erupsi Semeru yang terjadi pada Desember 2021 tersebut, setelah 6 bulan penanganan hingga saat ini hampir tuntas. Hal itu berkat perhatian pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten dan semua komponen.

“ Kita memberikan bantuan rumah sementara kepada korban yang terdampak dan saat juga hampir tuntas. Sejak awal persoalan kami di Kabupaten Lumajang terus kami komunikasikan kepada warga kami,” ungkap Sekda Lumajang Agus Triono.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada PMI atas peringatan Hari donor darah sedunia yang jatuh pada 14 Juni. Menurutnya, berbicara donor darah ada beberapa hal yang membanggakan dari UDD PMI Kabupaten Lumajang kecil ini, namun memiliki banyak prestasi.(aud/s)

#jatim #pmi