Senin, 28 November 2022

Operasikan Drone, DPU Bina Marga Jatim Optimalkan Laporan Citra Foto Udara

Diunggah pada : 7 Juli 2022 20:57:46 79
Ftoo;dok.DPU Binamarga Jatim

Jatim Newsroom – Guna mengoptimalkan hasil laporan proyek via citra foto udara, Bidang Pengaturan dan Pengendalian Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur akan mengoperasikan drone. 

"Agar makin maksimal penggunaan drone ini, maka kami mengadakan Bimbingan Teknis pengoperasian Drone di kantor DEPO Peralatan Candi Sidoarjo, Rabu (6/7) kemarin," ujar Kepala Seksi Pengendalian DPU Bina Marga Jatim, Krisnamurti Suryani, seperi dikutip di laman DPU Bina Marga Jatim, Kamis (7/7/2022).

Dikatakan Krisnamurti, dengan adanya bimtek ini, penyelenggaraan kegiatan pembangunan dan pemeliharaan jalan dapat terdokumentasi melalui udara. Dan bila tampak dari atas maka gambaran terkait proyek bisa secara utuh.

Lebih lanjut Krisna menyampaikan, bimtek ini sangat vital bagi keberhasilan proyek yang dilaksanakan Dinas PU Bina Marga Jatim. Menurutnya, kegiatan survey dan pengamatan sebuah proyek dapat dilakukan lebih cepat dan akurat dengan menggunakan drone.

“Hasil dari citra foto udara dari drone ini akan menjadi bagian dari analisis hasil lapangan, serta dipergunakan oleh banyak pihak dalam membuat kebijakan/keputusan,” lanjutnya sembari mengimbuhkan, salah satu contoh hasil drone digunakan untuk menentukan kebijakan saat penanggunalangan bencana alam, hingga problematika serta solusinya saat penerbangan drone.

Krisna juga meminta kepada para peserta, agar dapat memanfaatkan benar-benar kesempatan ini untuk belajar kepada para narasumber. Sebab, bukan hanya ilmu menerbangkan drone saja yang diberikan oleh para narasumber, tapi juga perijinan, pengolahan data, penyajian data.

Sebagai informasi, narasumber Bimtek ini merupakan Pejabat Fungsional Humas DPU Bina Marga Jatim, Dedi Suntoro, dan tenaga teknis Samsul Hadi Wibowo.(sti)

#jatim #DPUBinaMarga