Sabtu, 20 April 2024

Omzet Pedagang Kampung Mandar Banyuwangi Naik Dua Kali Lipat Selama Ramadan

Diunggah pada : 10 April 2023 16:35:35 210
Sentra kuliner seafood di Kampung Mandar Banyuwangi

Jatim Newsroom- Menjadi sentra kuliner seafood di Kampung Mandar Banyuwangi kini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, dua tahun berturut-turut telah menjadi tuan rumah dari Banyuwangi Fish Market sejak tahun 2021. Pengurus Pokdarwis Kampung Mandar, Hilman Syah Anwar mengungkapkan kini omzet pedagang terus mengalami kenaikan dan menjadi sinyal positif peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kampung Mandar ini dulunya merupakan kawasan terkumuh di Kabupaten Banyuwangi dan berhasil berbenah. Diawali dengan kegiatan pembersihan sampah di sekitar pemukiman dan sungai Kampung Mandar melibatkan empat pemuda. Setelah kondisi sampah berangsur membaik, Pokdarwis sini berinisiasi untuk menggerakkan ekonomi masyarakat dengan membangun kawasan usaha bagi masyarakat berupa kawasan kuliner hasil laut," tutur Hilman

Terus berinovasi, Pokdarwis Mandar pun melakukan pengembangan produk seni serta olahan lain untuk menjadikan Kampung Mandar sebagai destinasi wisata andalan di Banyuwangi. Dengan inisiasi pembangunan sentra kuliner ini untuk menjajakkan hasil tangkapan nelayan desa setempat, sentra kuliner kini telah memiliki 7 gerai pembakaran ikan dan minuman, 1 gerai khusus pedagang kelapa, dan 2 pedagang hasil laut. Kegiatan ekonomi ini mendorong peningkatan pendapatan usaha masyarakat Kampung Mandar pada kisaran 20 juta rupiah per bulannya.

"Alhamdulillah Ramadan ini meningkat dari biasanya. Hari biasa pengunjung sekitar 500an perbulan, sementara saat Ramadan per hari saja mencapai 40an yang tentunya omset naik hingga 2 kali lipat," imbuh Hilman. Menjadi binaan PLN Peduli sejak 2022, keberadaannya bahkan turut mengundang efek domino pembangunan warung serupa di sekitar Mandar Fish Market hingga total mencapai 40 kios. 

"Kami bersyukur, kehadiran PLN tidak hanya mendorong peningkatan ekonomi namun menekankan bagaimana tenaga listrik mampu turut memberikan sumbangsih dalam mendorong produktivitas dan pengembangan wisata. Semoga terus tumbuh dan membawa manfaat bagi masyarakat. Terlebih adanya dukungan penuh dari pemerintah," terang Senior Manager Komunikasi dan Umum, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Hamzah  Senin (10/4/2023)..

Bersama dengan PLN Peduli, Hamzah berharap, masyarakat Kampung Mandar terus berkembang untuk menjadi kawasan yang wajib dikunjungi wisatawan Banyuwangi. Tidak hanya mendorong peningkatan ekonomi, namun juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan Kampung Mandar agar terus terjaga. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar dalam menciptakan kehidupan yang layak serta mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. (hjr)

 

#PLN UID Jatim #ramadan 1444 H