Rabu, 24 April 2024

Nuzulul Quran Unusa, Diikuti Ratusan Mahasiswa

Diunggah pada : 21 April 2022 4:52:03 65
Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Quran (MQ) Tebuireng Jombang Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag.

Jatim Newsroom - Universitas Nahdatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar peringatan Nuzulul Quran 1443 Hijriah secara hybrid yang diikuti oleh ratusan mahasiswa Unusa serta mahasiswa dari perguruan tinggi di bawah naungan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis), Rabu (20/4/2022).

Acara yang digelar secara hybrid di Auditorium Lantai 9 Unusa Tower Kampus B mengangkat tema "Ngaji Hikmah Nuzulul Quran", yang dibawakan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Quran (MQ) Tebuireng Jombang Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag.

Kegiatan yang didahului dengan menampilan kelompok Banjari Unusa membawakan Sholawat Nabi sebagai mengawali acara Nuzulul Quran. 

Wakil Rektor II, Ir. Muhammad Faqih, M.SA., Ph.D, mengatakan, acara ini dapat menjadi momentum mahasiswa maupun seluruh sivitas akademika Unusa untuk terus membenahi diri menjadi lebih baik. "Melalui acara ini ke depan kita sama-sama untuk bisa menjadi lebih baik lagi," katanya.

Faqih menyebutkan manfaat Al Quran sangat besar bagi kemajuan dan kehidupan di dunia.Ini sudah dibuktikan dalam ilmu pengetahuan atau sains. "Meskipun ilmu pengetahuan belum bisa dipercaya 100 persen," terangnya.

Sementara Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag menjelaskan, dirinya tidak mengetahui pertimbangan Allah SWT menuzululkan Al Quran di planet yang kecil ini. Bahkan Allah punya planet lain yang ada penghuninya, tetapi yang menjengkelkan itu manusia. "Tapi kita harus bersyukur karena justru itu yang paling dikasih Al Quran," ucapnya.

Musta'in menjelaskan Al Quran memiliki bahasa yang sangat unik, dimana Al Quran memiliki stylenya sendiri. "Sehingga tidak salah jika banyak penafsiran tiap orang berbeda-beda," terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren MQ Tebuireng Jombang ini menyampaikan, bahwa tidak ada yang mengetahui pasti akan terjadinya malam lailatul qodar. Namun yang dikatahui malam lailatul qodar terjadi pada malam 21, malam 23 dan malam 25. "Namun dalam tafsir Isyari bisa jadi malam lailatul qodar terjadi pada malam 27, namun itu belum bisa menjadi pedoman," pungkasnya. (ern/s)

#Jawa Timur #unusa