Sabtu, 20 April 2024

Normalisasi Rumah Dampak Banjir, PMI Banyuwangi Turunkan Relawan

Diunggah pada : 24 Maret 2022 22:13:56 22

Jatim Newsroom - PMI Kab. Banyuwangi menerjunkan Relawannya ke lokasi bencana banjir di Dusun Sumberjambe Desa Kandangan Pesanggaran. Banjir terjadi akibat hujan lebat, Rabu (23/3/2022) kemarin, yang mengakibatkan naiknya volume air di Sungai Karang Tambak Dusun Sumberjambe RT. 2 RW. 3 Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran.

Adapun Wilayah yang tergenang air akibat kejadian tersebut adalah Afdeling Sumbergandeng masuk Wilayah PTPN XII Kebun Sumberjambe Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran. Wilayah Afdeling Sumbergandeng diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 11.00 - 15.00 WIB sehingga mengakibatkan volume air di Sungai Karang Tambak meningkat hingga akhirnya meluap.

Akibat meluapnya sungai Karang Tambak sekitar 100 rumah warga dengan jumlah penghuni sekitar 63 KK tergenang air dengan ketinggian sekitar 70 cm dan air sempat masuk ke beberapa rumah warga.

Adapun Jembatan penghubung antara Dusun Sumberjambe dengan Dusun Sumberdadi Desa Kandangan mengalami kerusakan berupa roboh diterjang derasnya arus sungai Karang Tambak, sehingga Jembatan tersebut tidak dapat dilalui oleh masyarakat setempat.

Untuk sementara kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, Kejadian banjir di Afdeling Sumbergandeng diakibatkan karena guyuran hujan deras di seluruh wilayah yang ada di Kecamatan Pesanggaran.

Peristiwa naiknya debit air sungai yang mengakibatkan banjir di Wilayah Afdeling Sumbergandeng sudah beberapa kali terjadi, salah satu penyebab terjadinya banjir karena dangkalnya dasar sungai, dan terjadinya pertemuan aliran sungai Karang Tambak dengan sungai Cawang.

Sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut selanjutnya warga bersama aparat keamanan dan pemerintahan setempat dibantu oleh warga akan membersihkan sisa-sisa banjir.

Kegiatan pelayanan yang diberikan PMI Kab. Banyuwangi antara lain assessment, pelayanan dan ambulance, normalisasi rumah warga, dan distribusi air bersih.(her/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait