Jumat, 19 April 2024

Nadia Balqis Azzhara Kenalkan Batik Indonesia di Italia

Diunggah pada : 14 Maret 2023 17:12:28 38
Nadia Balqis Azzhara, mahasiswa Fakultas Hukum (FH Unair) yang berkesempatan studi di University of Padua, Italia

Jatim Newsroom-Universitas Airlangga (Unair) membuka peluang seluasnya untuk para mahasiswa dapat belajar dimanapun baik luar dan dalam negeri. Kali ini, Nadia Balqis Azzhara, mahasiswa Fakultas Hukum (FH Unair) yang berkesempatan studi di University of Padua, Italia pada program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA).

Keterbatasan Nadia dalam berbahasa Italia tidak menurunkan ketertarikannya dan memilih Italia untuk tujuan studinya. Ia memilih University of Padua, dan  mengambil mata kuliah English in Intercultural Settings, Psychology of Individual Differences dan  Work and Organisational Psychology.

Nadia mengaku, sistem pendidikan di Italia dan Indonesia sangat berbeda. Para dosen di Italia sangat open kepada mahasiswanya. Misalnya, para dosen sangat menyukai mahasiswa yang tidak takut untuk aktif berdiskusi dengannya termasuk untuk mahasiswa Internasional seperti dirinya. “Tapi, aku terkadang mengalami kesulitan dimana para dosen memiliki aksen Inggris yang sukar dipahami. Hal ini mendorong aku untuk tak menyerah untuk menghadapi hal tersebut,” ujar Nadia, dalam rilis Unair, Selasa(14/3/2023)

Nadia selama di Italia tidak hanya mengenyam pendidikan, namun juga bersosialisasi dengan warga lokal. Salah satunya, kegiatan Challenges Indonesia Day Out. Kegiatan itu mengajarkan warga lokal untuk membatik dengan canting, belajar menggunakan kain batik, mencoba makanan, dan permainan tradisional khas Indonesia.

“Aku kaget banget, kalau antusiasme warga lokal sangat tinggi. Mereka suka dengan indomie goreng dan semangat untuk membuat batik bersama. Hal ini yang nggak akan terlupakan,” tambah Nadia.

Sebagai umat muslim tinggal di negara dengan minoritas muslim merupakan hal yang challenging. Nadia mengatakan, masjid di Eropa sangat sulit dijangkau karenanya ia harus menuju ke ruang ganti di departemen store untuk melakukan ibadah sholat dikala ia sedang melakukan perjalanan ke Italia.

Fasilitas kesehatan yang ada di negara Eropa sangat responsif, dimana ia sempat mengalami alergi makanan dan ia harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Hal ini ia alami saat melakukan perjalanan ke Milan.

“Staf kesehatannya bener-bener cekatan, ia langsung dibantu untuk telepon ambulan dan penanganan alerginya serta semua penanganan kesehatannya gratis. Aku kaget karena aku mengira akan bayar dan sempat overthinking karena biaya kesehatan di Eropa cukup mahal,” tambah Nadia.

Di akhir, ia berpesan untuk para calon awardee IISMA 2023 untuk tidak perlu takut untuk mencoba dan jangan fokus pada hasilnya. Kalian lakukan yang terbaik selama proses seleksi. (mad/hjr)

#unair