Kamis, 18 Juli 2024

Mutakhirkan Satu Data, Lamongan Gelar Lokakarya

Diunggah pada : 30 Januari 2023 16:25:01 74
Foto: Dok. Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan kuat harus didukung dengan sumber daya aparatur yang kuat, data yang kuat, serta infrastruktur yang kuat. Hal tersebut diutarakan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat membuka Lokakarya Optimaslisasi Pelaksanaan Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Lamongan, di Aula Sabhadyaksa, Pemda Lamongan, Senin (30/1/2023). 

Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kapasistas satu data Indonesia sebagai pemusatan komitmen satu data. Menurut Bupati, bukanlah sebuah hal baru, namun portal satu data menjadi hal yang vital sebagai jujukan perencanaan maupun menejemen pemerintahan.

"Portal satu data indonesia menyajikan apa yang dihasilkan pemerintah, yang nantinya kita gunakan untuk aspek perencanaan, maupun menejemen pemerintahan di Kabupaten Lamongan. Sehingga sangat penting, diperlukan lokakarya untuk optimalisasi," kata Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu, dikutip dari rilis Diskominfo Jatim.

Lebih lanjut, di hadapan seluruh Kepala OPD, pejabat pemerintah di tingkat kecamatan, dan verifikator di masing-masing perangkat daerah, Pak Yes mengungkapkan, dalam mewujudkan pemerintahan yang kuat harus memiliki sistem yang terintegrasi berbasis elektronik. 

"Optimalkan supaya data verifikator, Kepala OPD untuk mensupport satu data indonesia yang benar-bener satu data. Sebab, tidak bisa di hindari pemerintahan yang tidak berbasis digitalisasi, setiap langkah gerak sudah berbasis digitalisasi," ujar Pak Yes.

Sehingga, Pak Yes berharap, melalui lokakarya yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan bersama United States Agency for International Development (USAID) Provinsi Jawa Timur selama dua hari tersebut, akan memberikan peningkatan kapasistas satu data serta adanya keaktifan dalam mengupdate data-data dari masing-masing OPD.

Kepala Usaid Jawa Timur, Dina Limanto, mengatakan data yang terupdate dan akurat dapat menjadi sebuah proses monitoring. Selain itu, capaian data tersebut dapat di pantau publik sebagai perwujudan capaian suatu RPJMD.

"Data-data pokok dan monitoring, berupa tabulasi di beberapa kondisi, sangat banyak hal yang dapat di tampilkan, dengan kita melakukan interferensi di suatu data maka bisa di monitoring dan dapat di pertanggung jawabkan berbasis data. Dan ini haris diawali, karena jika tidak tidak akan pernah terjadi, untuk memilik dan mendapatkan satu data yang komplit dan satu daya yang telah diimplementasikan secara optimal," ucapnya.

Selain itu, atas kontribusi aktif portal satu data Indonesia Kabupaten Lamongan tahun 2022, Pemkab Lamongan memberikan apresiasi kepada OPD dan Kecamatan yang berperan aktif dalam satu data. Penghargaan tersebut diberikan kepada Dinas Kesehatan Lamongan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lamongan, dan Dinas Kependududukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Sementara, ditinggkat Kecamatan diterima oleh Kecamatan Lamongan, Kecamatan Sugio, dan Kecamatan Sarirejo. (ghf/n)

#Diskominfo #Kabupaten Lamongan #satu data