Kamis, 18 Juli 2024

Momen Hari Ibu, Bupati Sugiri: Ibu Itu Madrasah Pertama

Diunggah pada : 22 Desember 2023 19:46:34 26
Wakil Bupati Lisdyarita memberikan buket bunga kepada komandan upacara usai peringatan Hari Ibu di Pendopo Agung Ponorogo, Jumat (22/12/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Upacara peringatan Hari Ibu ke-95 di pelataran Pendopo Agung Ponorogo, Jumat (22/12/2023), diinspekturi Wakil Bupati Lisdyarita dengan dominasi petugas dan peserta upacara para perempuan. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menegaskan bahwa ibu adalah madrasah pertama.

“Ibu itu pengasuh pertama dengan peran sangat penting untuk keluarga serta negara,” kata Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Menurut Kang Bupati, ibu menjadi gerbang pertama manusia lahir di dunia. Seorang anak lahir karena perjuangan ibunya yang harus bertaruh nyawa. “Peran ibu luar bisa di dalam kehidupan manusia,” jelas Kang Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Ponorogo berharap kaum perempuan semakin mendapat kepercayaan menjadi pemimpin. Di era kepemimpinan Bupati Sugiri, semakin banyak perempuan yang tampil sebagai leader. “Untuk bersama membangun Ponorogo, ada lurah perempuan sampai wakil bupati perempuan,” terang Bunda Rita —sapaan Wabup Lisdyarita. 

Peringatan Hari Ibu saban 22 Desember sejatinya mengacu sejarah penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia pertama pada  22-25 Desember 1928 di Jogja. Kongres itu diikuti oleh sekitar 30 organisasi wanita di 12 kota yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Mereka terinspirasi oleh perjuangan perempua pada abad ke-19 yang bersatu untuk melawan penjajah. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo