Selasa, 29 November 2022

Meriah, Ada Pertunjukan Seni Pra Upacara di Rangkaian HUT ke77 Kemerdekaan Indonesia di Jawa Timur

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 21:12:59 400

Jatim Newsroom - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Provinsi Jawa Timur kembali meriah. Hal ini berbeda dengan dua tahun terakhir yang dikemas sederhana karena Pandemi Covid-19 yang kasusnya masih tinggi.

Hal tersebut tentu merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang salah satu poinnya adalah menyelenggarakan program dan kegiatan, baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, Pemprov Jawa Timur akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan yang cukup meriah.

Demi kesuksesan acara, akses jalan, yaitu mulai Jl Tunjungan, Jl basuki Rahmat, Jl Taman Apsari hingga Jl Simpang Dukuh ditutup hingga tanggal 17 Agustus 2022, yaitu mulai pukul 07.45 hingga pukul 11.00 WIB, dan pukul 14.45 hingga pukul 18.00 WIB.

Untuk menghormati jasa para pahlawan, pada nanti malam, Selasa (16/8/2022), Gubernur Jawa Timur bersama Forkopimda Jawa Timur melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Sepuluh Nopember di Jl Mayjend Sungkono Surabaya.

Selanjutnya, esok hari pada saat hari H, sebelum dilaksanakannya upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 di Gedung Negara Grahadi, akan digelar pertunjukan hiburan sendra tari kolosal Sumpah Palapa.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyajikan hiburan berupa Drum Band dari SMA Taruna Brawijaya hingga Hiburan Reog Ponorogo yang merupakan kesenin budaya khas Jawa Timur. Untuk pertunjukan seni ini, masyarakat dipersilahkan untuk melihat secara langsung.

Setelah pertunjukan-pertunjukan tersebut usai, maka dilangsungkanlah Upacar detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI.

Kemudian, pada sore harinya, dilakukan upacara penurunan Bendera Merah putih sekira pukul 16.00WIB. Namun sebelum upacara digelar, juga akan disajikan gelar tarian kemenangan, drumband SMAN3 Taruna Brawijaya dan Aksi dari jember Fashion carnival.

Pada gelaran pertunjukan ini masyarakat dipersilahkan oleh Gubernur Jawa Timur untuk menyaksikan secara langsung, dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 Republik Indonesia.

"Hayuk Masyarakat Jawa Timur Berbondong-bondong menyaksikan dan ramaikan rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia. Mari bersama bangun Nasionalisme kita!". (sti)

#jawatimur #Diskominfo #HUT Kemerdekaan RI  Ke-77