Jumat, 19 April 2024

Menteri PANRB Teken Prasasti Layanan Pelabuan Cinta MPP Kabupaten Probolinggo

Diunggah pada : 18 November 2022 9:42:22 13
Menteri PANRB Teken Prasasti Layanan Pelabuan Cinta MPP Kabupaten Probolinggo

Jatim Newsroom - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, Abdullah Azwar Anas, bersama Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko mengesahkan layanan “Pelayanan Langsung Bawa Pulang Izin dengan Cepat, Inovatif, Transparan dan Amanah (Pelabuan Cinta)”, di Probolinggo, Kamis (17/11/2022).

Pengesahan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine layanan Pelabuhan Cinta MPP Kabupaten Probolinggo. Layanan Pelabuhan Cinta ini merupakan salah satu program inovasi pelayanan yang dilakukan oleh MPP Kabupaten Probolinggountuk lebih memudahkan masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam memperoleh pelayanan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Sebelumnya, Abdullah Azwar Anas menandatangani prasasti layanan “Pelabuan Cinta” pada saat peresmian di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pasuruan pada pagi harinya.

MPP Kabupaten Probolinggo merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik, baik barang jasa maupun pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu, baik pusat maupun daerah. Serta pelayanan badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah dan swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Layanan Pelabuan Cinta merupakan layanan Drive Thru. Layanan atas usulan dan dorongan masyarakat Kabupaten Probolinggo ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan pendampingan OSS RBA tanpa harus masuk ke MPP dan dinyatakan lebih efisien waktu.

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, menjelaskan, hal ini merupakan sebuah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Daerah selalu terbuka terhadap kritik, saran dan masukan-masukan yang membangun. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan masukan-masukan tersebut dengan langkah-langkah kongkrit, guna terciptanya pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Sejak Soft Launching, terdapat 12 instansi internal dengan 127 jenis layanan dan 10 instansi vertikal dengan 29 layanan. Untuk meningkatkan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, ada tuntutan masyarakat dan telah berkembang menjadi 16 instansi internal dengan 105 pelayanan dan 16 instansi vertikal dengan 59 jenis pelayanan,” katanya.

Sementara Azwar Anas menegaskan, Mal Pelayanan Publik (MPP) ini contoh ujung dari digitalisasi. Intinya bagaimana mengintegrasikan layanan, baik di desa maupun di kecamatan untuk dapatnya mengintegrasikan layanan tersebut dengan baik.

“Presiden RI menginginkan masyarakat menjadi maju, bahagia spiritual dan bahagia finansial. Oleh karena itu, dengan adanya MPP ini harus bermanfaat, memberikan layanan yang baik, berakhlak dan juga melayani secara akuntabel. Intinya adalah birokrasinya harus berdampak kepada masyarakat luas,” ungkapnya.(ern)

#kabupaten probolinggo