Jumat, 19 April 2024

Menteri PAN - RB Hadiri Rakornas Kearsipan 2023 di Banyuwangi

Diunggah pada : 22 Mei 2023 23:30:25 117
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan 2023 /Yudhis

Jatim Newsroom - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan 2023 yang diselenggarakan Arsip Nasional RI (ANRI), di Banyuwangi, Senin (22/5/2023).

Acara ini merupakan puncak peringatan Hari Kearsipan ke-52 yang jatuh pada tanggal 18 Mei lalu.

Dalam acara tersebut, Menteri Anas mengatakan bahwa arsiparis memegang penting dalam memori kolektif bangsa. Oleh karena itu diperlukan perubahan pola pikir arsiparis yang dulunya berfokus pada pengelolaan data, kini harus berfokus pada pemanfaatan data. Arsip yang terdokumentasikan secara digital akan membantu pemerintah dalam pengambilan berbagai keputusan maupun kebijakan kedepannya.

"Hari kearsipan ini bukan hanya soal Bagaimana arsip dikumpulkan di sebuah kantor Tetapi bagaimana sejarah memori kolektif bangsa ini kemudian bisa diwariskan dan menjadi spirit baru bagi kita untuk membangun di masa yang akan datang," ungkapnya.

Dikatakannya, birokrasi sekarang  didorong  untuk digital, sehingga dokumentasi akan lebih cepat lebih komprehensif dan bisa dinikmati masyarakat secara lebih luas dan dari sisi birokrasi dengan digitalisasi kedepan akan jauh lebih cepat, transparan, dan akuntabel

Pada kesempatan yang sama Menteri Anas bersama Kepala ANRI, Imam Gunarto memberikan ANRI Award, sebuah penghargaan kepada para pegiat arsip yang telah menumbuhkembangkan kearsipan di lingkungannya masing-masing guna menyukseskan penyelenggaraan kearsipan nasional. Setelahnya, Menteri Anas bersama para tamu undangan melakukan peninjauan terhadap Pameran Arsip Memori Kolektif Bangsa dan Lintasan Sejarah Banyuwangi.

Turut hadir dalam acara itu,  Kepala ANRI Imam Gunarto, Kepala LAN Adi Suryanto, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Penasihat Ahli ANRI Bidang Arsip Kemaritiman, dan Connie Rahakundini Bakrie. (hjr)

#Bupati Banyuwangi #KemenPANRB