Jumat, 29 Maret 2024

Melalui Sekolah Orang Tua Hebat, BKKBN Jatim Siap Entaskan Stunting di Kabupaten Madiun

Diunggah pada : 10 Mei 2023 16:03:57 1235
Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kab. Madiun

Jatim Newsroom - Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kab. Madiun, melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kabupaten Madiun.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor DPPKBPPPA Kab. Madiun ini berlangsung selama dua hari (9-10 Mei 2023), dengan peserta Penyuluh KB dan Kader BKB dari 15 Kecamatan Kab. Madiun.

Sekretaris Dinas DPPKBPPPA Kab. Madiun, Kus Hendrawan, menyampaikan, Kabupaten Madiun siap mendukung program percepatan penurunan stunting untuk mencapai target Proyek Prioritas Nasional. Oelh karenanya, ke depan akan membentuk SOTH dengan dukungan berbagai pihak seperti Pemerintah Desa dan TP PKK Kecamatan.

“Untuk kedepannya kita akan berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan dan seluruh fasilitator untuk membentuk SOTH di tingkat kelurahan,” kata Kus.

Kus juga memberikan dukungan semangat dan mengingatkan para peserta untuk mengikuti kegiatan selama dua hari ini dengan aktif dan maksimal, sehingga dapat menularkan serta mengaplikasikannya di daerah kecamatannya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan pesan Ibu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati, bahwa banyak permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang menjadi sorotan dan dapat menjadi penyumbang prevalensi stunting. Antara lain, masih tingginya jumlah pernikahan anak usia di bawah 20 tahun yang tercatat sejumlah 34.090 dari total pernikahan 262.023, dan jumlah dispensasi kawin yang mencapai 15.408 kasus pada akhir tahun 2022 lalu.

“Permasalahan-permasalahan tersebut dapat teratasi bilamana setiap keluarga mampu menerapkan 8 fungsi keluarga dengan baik dalam kesehariannya yang merupakan inti dari Program Bangga Kencana,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, keluarga adalah madrasah utama bagi anak, sehingga orangtua perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengasuh anak. Pengetahuan dan keterampilan tersebut bukanlah suatu hal yang otomatis dimiliki seseorang ketika menjadi orangtua, melainkan hal yang perlu dipelajari dan dilatih.

Melalui SOTH, diharapkan pengetahuan dan keterampilan setiap orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar dapat meningkat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati, juga mengingatkan, keberhasilan keberlangsungan SOTH di tingkat kelurahan nanti terletak pada dukungan berbagai sektor serta partisipasi masyarakat. sehingga, diharapkan mulai dari OPD-KB, Penyuluh KB, hingga Kader BKB dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kebijakan guna terselenggaranya SOTH dengan baik.

SOTH merupakan sekolah nonformal yang dilaksanakan secarabertahap, terstruktur, terukur, dan di bawah pendampingan tenaga professional. Tahap I SOTH dilakukan sebanyak 14 kali tatap muka dengan materi BKB HI 13 pertemuan, sedangkan Tahap II SOTH dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi BKB EMAS.

Tahun 2023, BKKBN menargetkan SOTH dapat terbentuk di seluruh Kelompok BKB yang ada di setiap kelurahan/desa. Untuk itu, orientasi SOTH mulai dari tingkat Kota/Kota hingga ke tingkat Kecamatan akan dilaksanakan guna menciptakan fasilitator-fasilitator SOTH yang handal di Kelompok BKB agar selanjutnya dapat memberikan manfaat pada keluarga-keluarga yang memiliki baduta dan balita.

Orientasi SOTH dan KKA bagi Penyuluh KB dan Kader BKB Tingkat Kota yang berlangsung selama dua hari di Kota Blitar. Kegiatan ini mengupas bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan SOTH, penggunaan KKA manual dan online, serta simulasi dan praktik materi BKB HI 13 Pertemuan dan BKB EMAS kepada seluruh peserta sebagai calon fasilitator pilihan di tingkat kelurahan. (her/s)     

#bkkbn