Sabtu, 20 Juli 2024

Masjid Raya Islamic Center Pemprov Jatim Dipenuhi Ribuan Jemaah Salat Iduladha 1445 H

Diunggah pada : 17 Juni 2024 16:55:36 74
Jemaah yang salat Iduladha 1445 H di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, di Jalan Raya Dukuh Kupang Surabaya, Senin (17/6/2024).

Jatim Newsroom - Hari Iduladha 1445 Hijriyah di Indonesia jatuh pada, Senin (17/6/2024). Sama seperti masjid-masjid di daerah lain, Masjid Raya Islamic Center milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) yang terletak di Jalan Raya Dukuh Kupang, Surabaya juga  mengadakan salat iduladha yang kali ini diikuti ribuan jemaah dari berbagai daerah. 

Saat ditemui usai salat Iduladha, Sekretaris Badan Pengelola Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, Suhadi menyampaikan, yang bertindak sebagai khotib Salat Iduladha kali ini ialah Guru Besar UINSA, Prof. KH. Saiful Jazil, sedangkan imam salatnya, Ustadz Muhammad Nur Qosim, dan bilalnya Muhammad Aula Syuhada. 

"Meski suasananya lebih ramai ketika Idulfitri kemarin, namun Iduladha lantai kali ini masjid penuh. Di lantai dua penuh jemaah, lantai tiga pun penuh, bahkan sebagian jemaah ada yang di halaman. Jumlahnya kalau diperkirakan sekitar, 7.000 jamaah, karena kuota masjid ini kan segitu. Kalau sampai ada yang di halaman, berarti melebihi," tutur Suhadi.

Lebih lanjut, Suhadi menyatakan, bahwa masjid ini layak untuk diikuti setiap kegiatan rutinnya bagi jemaah. Karena menggaet pegiat dan pendakwah muda berpotensi agar diberi kesempatan mengembangkan kapasitas dan kemampuannya.

"Cakupan kita untuk jemaah di Surabaya Barat, karena di area itu tidak ada masjid sebesar ini. Oleh karena itu ke depan menggaet jemaah terutama di Surabaya supaya masjid raya ini lebih mskmur ujar Suhadi.

Jemaah yang salat Iduladha 1445 H di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, di Jalan Raya Dukuh Kupang Surabaya, Senin (17/6/2024).

Mengingat masjid ini masih terhitung baru, Suhadi menuturkan, masih perlu sosialisasi dan menggencarkan kepada masyarakat terkait keberadaan masjid ini.

"Karena ini masjid baru, maka perlu sosialisasi. Marilah kita bersama-sama menyosialisasikan masjid ini, dan berjuang bersama mengembangkan masjid ini agar disenangi jamaah," terang Suhadi.

Suhadi menyebutkan, visi Masjid Raya Islamic Center ini ialah pertama menyosialisasikan, kedua menyejahterahkan karyawan masjid, dan ketiga memakmurkan masjid dan memakmurkan jamaah .

Visi pengembangan masjid agar masjid ini bermanfaat para jamaah untuk masyarakat Jawa Timur. Kami berharap masyarakat Jatim khususnya, marilah kita berbondong-bondong salat jamaah atau mengikuti kegiatan Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur (vin/ )

#Iduladha #Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur #iduladha 2024