Sabtu, 20 April 2024

Lepas CJH, Bupati Mojokerto Imbau Waspadai Mutasi Omicron

Diunggah pada : 20 Juni 2022 16:13:34 44
Foto; dok.Kominfo. Kab. Mojokerto

Jatim Newsroom - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto menggelar acara pembekalan persiapan Calon Jamaah Haji (CJH) yang dikemas dalam acara pelepasan CJH Kabupaten Mojokerto tahun 2022. 

Pelepasan yang diikuti sebanyak 752 CJH ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Senin (20/6) pagi. 

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengimbau, agar para CJH tetap waspada terkait dengan penularan Covid-19. Seperti yang sudah disampaikan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, pada saat rakor secara daring, beliau mengatakan terjadi sedikit kenaikan dari penularan Covid-19 yang disebabkan oleh mutasi varian Omicron.

"Jadi varian Omicron itu bermutasi lagi, dan mutasinya ada dua, yakni BA4 dan BA5, jadi omnicron BA4 dan BA5 ini kemudian menyebar dari penularan Covid-19 yang beberapa mimggu terkahir ini sedikit banyak tetapi perlahan," ujarnya mellaui rilis humas Kominfo Kab. Mojokerto

Masih dalam mencegah penularan Covid-19, Ikfina juga meminta, para CJH yang mempunyai penyakit degeneratif (darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat) dalam melaksanakan ibadah haji maupun aktivitas diluar ibadah, untuk selalu menggunakan masker dengan benar, karena resiko orang dengan penyakit degenaratif terpapar Covid-19 cukup besar potensinya.

"Saya minta tolong, selain membawa surat-surat, jangan lupa selalu membawa handsanitizer, sehingga sebelum kalian nanti sebelum memengang muka, termasuk kalian sebelum mengambil air wudhu, saya minta tolong tanganya dikasih handsanitizer," tuturnya.

Selain itu, Ia juga meminta, para CJH selalu menjaga kesehatannya dalam melaksanakan ibadah haji, karena pada saat ini suhu udara di negara Arab Saudi cukup tinggi. "Ketika kita berada disuhu yang tinggi maka yang harus diwaspadai adalah kekurangan cairan atau dehidrasi," pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Ikfina mendoakan agar selalu diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji. "Semoga selalu diberikan kelancaran sampai kembali pulang dengan membawa barokah nikmat Haji Mabrur," pungkasnya.(sti)

#Jawa Timur #Kabupaten Mojokerto