Kamis, 25 April 2024

Laris Manis di Pasaran, Amplop Unik Wadah Uang Produk Siman

Diunggah pada : 5 April 2023 13:16:17 48
Syamrotul Fitri memamerkan amplop dagangannya yang laris menjelang Lebaran. Foto : Erwin Suganda

Jatim Newsroom - Beragam bentuk amplop diproduksi Syamrotul Fitri, warga RT 1/RW 1 Lingkungan Durungan, Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Mulai amplop biasa dengan bermacam gambar, amplop peluk, amplop sedotan, amplop berbentuk permen, dan amplop miniatur bucket. 

Setiap Ramadhan hingga mendekati Lebaran adalah masa panen bagi perempuan berusia 34 tahun itu untuk memasarkan amplop-amplopnya. Fitri mengaku amplopnya sudah terjual sekitar 100 ribu lembar.  Kebiasaan masyarakat di sejumlah daerah yang membagikan uang ke sanak saudara bersamaan Lebaran tiba membuat permintaan amplop meningkat. ‘’Pemesan dari sejumlah daerah di Pulau Jawa, paling jauh mengirim ke Sulawesi dan Kalimantan,’’ kata Fitri, Senin (3/4/2023). 

Pembeli itu mayoritas adalah pedagang yang menjual lagi amplop produksi Fitri secara offline. Fitri selama ini memasarkan  produknya melalui Tik Tok Shop dan Shopee.  Harga amplop wadah uang itu juga beragam. Ada yang seharga Rp 2 ribu per lembar. Pembelian dalam jumlah besar mendapat potongan harga.  ‘’Mungkin karena bentuknya unik, jadi banyak peminat,’’ jelas ibu satu anak itu. 

Latar belakang pendidikan Fitri adalah tenik karena lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ketika masih berstatus mahasiswi, dia sudah berjualan bucket. Peminatnya kala itu lumayan banyak. Setelah lulus, Fitri mengembangkan kerajinan membuat amplop. ‘’Saya menggunakan sistem ATM (amati, tiru, dan modifikasi),’’ ungkapnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo