Rabu, 24 April 2024

Lapor Pak Yes, Wadah Penguatan Birokrasi Lamongan

Diunggah pada : 7 November 2022 14:31:02 241
Sumber foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Program Lapor Pak Yes dijadikan sebagai wadah penguatan birokrasi di Lamongan. Karena dengan adanya program layanan aspirasi dan pengaduan itu mampu menjawab aspirasi maupun aduan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat memimpin coffee morning, Senin (7/11/2022) di ruang Gadjah Mada Pemkab Lamongan.

"Penghujung tahun 2022, kita harus terus monitoring agar terjadi penguatan birokrasi. Melalui program Lapor Pak Yes ini kita bisa mengetahui keluhan yang dirasakan masyarakat sehingga bisa cepat kita tangani. Selain itu juga dapat menerima saran dari masyarakat, seperti contohnya pembenahan sasaran penerima bantuan," ungkapnya, dikutip dari rilis Diskominfo Lamongan kepada Jatim Newsroom.

Pada tahun 2022 tercatat laporan terbanyak sejumlah 319 pada pelayanan kependudukan dan catatan sipil. 73 laporan tentang bantuan sosial, 48 laporan tentang insfrastruktur di Lamongan, 34 laporan tentang beasiswa pendidikan, 27 laporan untuk masalah PDAM, 28 laporan untuk sertifikat tanah, 26 laporan PJU, 22 laporan layanan kesehatan.

Laporan dari masyarakat dapat dijadikan evaluasi untuk dapat mencapai target kinerja tahun berikutnya, serta bisa menciptakan harmonisasi kinerja antar setiap Perangkat Daerah di Lamongan.

"Evaluasi harus terus dilakukan untuk mencapai target tahun selanjutnya,"  tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, orang nomor satu di Kota Soto itu mengajak pejabat Pemerintahan Kabupaten Lamongan untuk bekerja dengan integritas sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan untuk tahun 2022. Di antaranya pada indeks pertumbuhan ekonomi yang ditarget 3,55, gini rasio ditargetkan 0.292, prosentase penduduk miskin 13.39, indeks pembangunan manusia 73,29, indeks layanan insfrastruktur 77, indeks reformasi birokrasi 68.

"Tahun ini kita harus mampu mencapai 7 indikator utama dan 27 indikator daerah yang sudah ditargetkan. Kita harus selalu hadir di tengah masyarakat agar bisa menjawab aspirasi dan aduan masyarakat, sehingga dengan terjawabnya aduan tersebut juga otomatis akan mencapai target yang ditetapkan," pungkasnya. (ghf/n)

#Kabupaten Lamongan #Pak Yes #Lapor Pak #Birokrasi