Sabtu, 20 April 2024

Lapangan Basket di Lamongan Berstandar Internasional

Diunggah pada : 26 Desember 2022 19:46:31 194
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat bermain basket di Lapangan Basket berstandar internasional, di Alun-Alun Lamongan, Sabtu (25/12/22). Foto: dok.Pemkab Lamongan.

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana fasilitas masyarakat. Terbaru, Lamongan telah meluncurkan fasilitas di bidang olahraga, yaitu lapangan basket dengan standar internasional di Alun-Alun Lamongan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengatakan, cabang olahraga basket kini masif dikampanyekan agar dapat menjaring bibit unggul. Kampanye yang dilakukan diimbangi dengan penyediaan fasilitas guna mempermudah mengasah dan memperdalam bakat pebasket di Lamongan.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan terus memasyarakatkan cabang olahraga basket mulai dari anak-anak agar mempermudah kami dalam menjaring bibit unggul. Selain itu kami juga berupaya memfasilitasi, salah satunya dengan meresmikan lapangan bertaraf internasionak ini," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Senin (26/12/2022).

Lapangan yang diperuntukkan umum dan gratis itu dapat dimanfaatkan hingga malam hari. Dapat dikatakan berstandar internasional karena memiliki kriteria panjang 28 meter, lebar 15 meter, diameter lingkaran tengah 3,6 meter, tinggi ring: 3,05 meter, radius busur 1,25 meter, jarak lemparan bebas 4,6 meter, jarak tembakan tiga angka 6,6 hingga 6,75 meter dan lebar garis 5 centimeter.

Lamongan memiliki 2 lapangan basket bersifat umum, serta lapangan basket yang berada di setiap sekolah. Jumlah tersebut akan terus ditambah terutama di wilayah selatan, barat dan utara Lamongan. Dalam waktu dekat juga direncanakan untuk pembangunan lapangan basket di Lapangan Gajah Mada dengan mengusung konsep semi indor.

oordinator Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) cabang Lamongan, Benny Aprilian, mengatakan, pembangunan lapangan basket akan terus dilakukan bertahap. Sebab dengan meratanya jumlah lapangan basket bersifat umum akan memudahkan pebasket dalam berlatih agar lebih giat, sehingga dapat mencetak prestasi untuk Lamongan.(sti)

#lamongan