Senin, 6 Februari 2023

Lamongan Tingkatkan IPM Melalui Program Unggulan Baznas

Diunggah pada : 21 November 2022 16:14:00 21
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat mengukuhkan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan Baznas Kabupaten Lamongan periode 2018-2023, Senin (21/11/2022) di Pendopo Lokatantra Lamongan. Sumber foto: dok. Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemkab Lamongan terus berupaya meningkatkan atau mempertahankan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini berada di angka 73.12. Salah satunya melalui program unggulan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lamongan. Program unggulan 1 Desa 3 Mustahik tersebut dinilai mampu menuntaskan kemiskinan dengan cepat.

"Baznas Lamongan telah bekerja dengan baik, yang mana mampu mengharmonisasikan masyarakat. Hal itu dibuktikan pada keterlibatan Baznas Lamongan melalui program unggulannya yang bisa menumbuhkan IPM di Kabupaten Lamongan," ujar Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat mengukuhkan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan Baznas Kabupaten Lamongan periode 2018-2023, Senin (21/11/2022) di Pendopo Lokatantra Lamongan.

Program unggulan tersebut diberikan setiap satu semester kali pada 3 Mustahik yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Desa. Selama 3 tahun, program tersebut sudah menjamah 424 Desa dan Kelurahan di Lamongan dengan memberikan uang tunai senilai 500 ribu pada masing-masing Mustahik.

Peningkatan juga terjadi pada nilai akumalasi zakat, infaq, sodaqoh yang didapat Baznas Lamongan yakni sebesar 5,4 Miliar per Oktober tahun ini. Secara persentase meningkat 11%, peningkatan tersebut mayoritas berasal dari program yang ditetapkan Lamongan yaitu wajib zakat bagi para ASN di Lamongan. Dengan itu Pak Yes berharap dengan adanya peningkatan tersebut, program unggulan Baznas Lamongan dapat ditambah jumlah Mustahiknya.

"Luar biasa sekali dari target 4,7 Miliar, kita mampu melewati hingga 5,4 Miliar per Oktober. Maka dari itu semoga program unggulannya dapat ditingkatkan lagi jumlah Mustahik disetiap Desanya," tuturnya.

Pimpinan PAW Baznas Lamongan yang baru saja dikukuhkan, Bambang Eko Mulyono, juga menyatakan, Lamongan memiliki potensi besar untuk menuntaskan kemiskinan dengan cepat. 

"Lamongan ini memiliki potensi besar jika dilihat dari daftar jamaah Haji dan Umroh, maka dari itu masyarakat Lamongan sebenarnya mampu diajak membantu implementasi program prioritas Bupati Lamongan yakni mengentaskan kemiskinan dengan cepat di Kabupaten Lamongan. Hanya, Baznas Lamongan membutuhkan konsolidasi dari berbagai pihak di Lamongan dalam menyelenggarakan tugasnya," terangnya pada sambutan perdananya sebagai Pimpinan Baznas Lamongan. (ghf/s)

#lamongan #Paw #Baznas