Sabtu, 20 Juli 2024

Lamongan Siap Jalankan Pipanisasi untuk Petani Jagung

Diunggah pada : 28 Mei 2024 21:00:36 48
Panen raya jagung di Desa Mojorejo Kecamatan Modo, Selasa (28/5/2024). Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi bersama Pangdam V Brawijaya, Rafael Granada Baay melakukan panen raya jagung di Desa Mojorejo Kecamatan Modo, Selasa (28/5/2024). 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, Pangdam V Brawijaya, Rafael Granada Baay mengatakan program perpipaan atau pipanisasi di Lamongan dilakukan untuk mendukung unggulnya komoditi jagung yang ada di Lamongan. Karena dengan perpipaan diyakini mampu dilakukan percepatan tanam.

"Hari ini kami panen jagung di lahan 250 hektar dengan produktivitas 3 ribu ton. Ini merupakan hasil tanam kedua. Program perpipaan sendiri segera mungkin kita jalankan agar penanaman jagung bisa dilakukan lebih dari dua kali. Sehingga petani akan lebih sejahtera," jelasnya. 

Rafael menerangkan besok akan dilakukan peninjauan lapangan, mulai dari perhitungan jarak antara sumber air ke lahan petani hingga berapa dan dimana akan dipasang titik penampungan air. 

"Besok kita langsung turun tangan, harapannya Bulan Juni bisa dilakukan penanaman jagung ketiga kalinya," terang Rafael.

Ditegaskan oleh Rafael, menggencarkan produksi jagung merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Karena Indonesia memiliki dua komoditi pangan unggulan diantaranya jagung dan padi. Maka dari itu produksi jagung yang surplus tidak hanya untuk menjaga ketahanan pangan, namun juga mampu melakukan ekspor pertanian.

Diungkapkan oleh salah satu Gapoktan Kecamatan Modo Tamijo, adanya program pipanisasi akan disambut baik olehnya dan para petani jagung setempat. Karena jika bisa melakukan tanam jagung lebih dari dua kali itu bisa menambah kesejahteraan masyarakat.

"Karena lahan di sini jenisnya sawah tadah hujan jadi biasanya bisa dilakukan penanaman dua kali. Kalau ada program pipanisasi kami sangat senang dan siap karena bisa lebih dari dua kali panen," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan melakukan kunjungan di showroom sorgum yang berada di Kecamatan Sugiyo. Showroom yang mengelola ragam olahan dengan bahan dasar sorgum tersebut dikelola langsung oleh Persit Candra Kirana 0812. 

"Olahan sorgum ini sangat sehat karena memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah dan kandungan serat yang tinggi. Selain itu harganya juga terjangkau" kata Pak Yes. (idc/hjr)

#lamongan #pertanian #jagung