Jumat, 19 April 2024

Lamongan Persiapkan Pemilu 2024 yang Demokratis

Diunggah pada : 18 Januari 2023 20:15:53 93
Webinar Persiapan Pemilu 2024 yang diselenggarakan secara daring oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Rabu (18/1).

Jatim Newsroom - Kabupaten Lamongan mulai mempersiapkan proses pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti agar berjalan secara demokratis. Adapun salah satu upaya yang dilakukan, yakni mengikuti webinar secara daring yang diselenggarakan oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Rabu (18/1).

Webinar bertema "Momentum Pemilu Serentak 2024 Sebagai Wujud Pembinaan Kesadaran Bela Negara Sarana Pembelaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan" ini diikuti peserta di ruang Command Center Pemkab Lt.3.

Hadir mengikuti webinar, Asisten 1 Kabupaten Lamongan Fahrudin beserta seluruh Ketua Partai Politik. mereka mendapat pembekalan berupa edukasi dalam memaknai pemilu yang identik dengan ajang pemilihan kekuasaan agar beralih menjadi momentum bela negara. 

Seperti yang dikatakan Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat, pemilu dapat digunakan sebagai momentum bela negara melalui partisipasi yang dilaksanakan. Menurutnya, partisipasi di setiap tahapan dalam pemilu sama halnya dengan ikut andil saat memilih pemimpin negara yang bijaksana dan mampu membawa kesejahteraan bangsa Indonesia.

"Pemilu ialah hajatnya masyarakat, jadi masyarakat atau pemilih harus berpartisipasi dalam setiap tahapan pemilu. Jadikan ini momen kepentingan bersama yang didasari mandat dan daulat yang harus digunakan sebaik-baiknya untuk masa depan negara," tuturnya saat menjadi narasumber.

Perwakilan Bawaslu RI, Asmin Safari, selaku narasumber juga menyampaikan 6 elemen yang mendasari berhasilnya pemilu, meliputi penyelenggara (KPU, Bawaslu, DKPP), aparat keamanan, Pemerintah Daerah/Pusat, peserta pilkada, media/ pers, dan tokoh masyarakat/tokoh agama/tokoh adat.

Sedangkan Deputi 1 BPIP, Prakoso, mengatakan, sembari menunggu tahun pemilu tiba maka masyarakat Indonesia diajak untuk memanfaatkan sumber daya yang terdapat di negara dengan baik agar mampu meningkatkan kondisi sosial maupun ekonomi. Karema kondisi tersebut dapat memicu terjadinya konflik pada tahun pemilu nanti.

Sebelumnya Kabupaten yang kerap dijuluki Kota Soto ini juga telah melaksanakan regulasi persiapan pemilu sesuai dengan petunjuk dari KPU, salah satunya melaksanakan seleksi dan melantik 135 panitia pemilihan kecamatan (PPK). Dalam setiap pelaksanaannya dibarengi sistem khas demokrasi yakni mewujudkan kedaulatan rakyat.(red)

#Bupati Bangkalan #lamongan #Kabupaten Lamongan