Kamis, 28 Maret 2024

Lagi, Hewan Sembuh dari PMK di Kabupaten Mojokerto Bertambah

Diunggah pada : 27 Mei 2022 19:01:32 126
Sapi Sembuh dari PMK di Kabupaten Mojokerto. Foto: dok.Diskominfo Kab. Mojokerto untuk JNR Dikominfo Jatim

Jatim Newsroom - Data update sebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Mojokerto kembali dirilis Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto. Data per 26 Mei 2022, Disperta Kabupaten Mojokerto mencatat adanya peningkatan jumlah hewan ternak yang sembuh dari PMK sebanyak 40 ekor. Dengan demikian total jumlah hewan ternak yang sembuh menjadi 1.145, yang terdiri dari 1.141 sapi dan 4 ekor kambing.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah, menjelaskan, hari ini jumlah hewan yang sakit ada 974, terdiri dari 968 sapi dan 6 kambing. Untuk jumlah yang sembuh 1.145, yang mati 30, dijual 20 ekor, dan yang dipotong paksa ada 15 ekor,” ungkapnya, Jumat (2/5/2022).

Nurul menegaskan, pihaknya telah mengerahkan seluruh tim Disperta Kabupaten Mojokerto untuk melakukan penanganan wabah PMK ini. “Tim kami sudah disebar di seluruh desa di Kabupaten Mojokerto untuk melakukan pengobatan dan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap hewan-hewan yang masih sehat agar tidak tertular PMK,” tegasnya.

Terkait langkah-langkah antisipasi, lanjut Nurul, Pemerintah Kabupaten Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto telah melakukan salah satu langkah antisipasi berupa pembatasan mobilitas hewan ternak selama wabah PMK.

“Selain enam pasar hewan ditutup sementara, pembatasan mobilitas hewan ternak juga kami lakukan dengan cara melakukan razia bersama Polres Mojokerto di perbatasan wilayah Kabupaten Mojokerto. Ini untuk mengantisipasi adanya lalulintas perdagangan hewan ternak lintas wilayah,” pungkasnya.(sti)

#jatim #PMK