Rabu, 24 April 2024

Kukuhkan Paskibraka, Lamongan Siap Gelar Upacara Kemerdekaan

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 13:49:28 136

Jatim Newsroom – Tinggal menghitung hari, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 akan segera tiba. Prosesi upacara kemerdekaan tidak luput dengan adanya pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Setelah melalui latihan panjang, Paskibraka Kabupaten Lamongan dikukuhkan, Selasa (16/8/2022) di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Dikukuhkan langsung oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, 78 anak yang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Lamongan yang juga didampingi para orang tua masing-masing berjalan dengan khidmat. Menurut Bupati yang juga bertindak sebagai inspektur upacara pengukuhan tersebut, Lamongan siap mengikuti upacara kemerdekaan (17/8/2022) esok, kesiapan tersebut ditandai dengan Paskibraka yang baru saja dikukuhkan.

"Lamongan siap untuk ikuti upacara kemerdekan ke-77, ditandai dengan kesiapan sang paskibraka yang sudah siap mengibarkan bendera pusaka," tutur Pak Yes sapaan akrabnya, di dalam rilis resmi Pemkab Lamongan.

Kesiapan dari Paskibraka Kabupaten Lamongan tergambarkan melalui kekompakkan masing-masing anggota serta antusias Paskibraka yang kembali hadir setelah 2 tahun tidak bisa melangsungkan tugas suci untuk negeri.

"Antusias mereka dan kekompakan mereka itu nyata. Dapat dilihat bagaimana performa mereka semua, apalagi tadi dilengkapi dengan membawakan yel-yel yang luar biasa. Ini juga merupakan semangat baru karena setelah 2 tahun kita tidak bisa melakukan upacara dengan meriah," terang Pak Yes.

Dengan tegas Pak Yes meminta kepada anggota Paskibraka Kabupaten Lamongan 2022 ini agar selalu menghayati nilai Pancasila yang diperoleh saat melangsungkan latihan.

"Selama ini kalian latihan jangan semata-mata formalitas. Amalkan nilai Pancasila dalam bertindak dan berucap untuk diri sendiri maupun lingkungan," kata Pak Yes sebelum memimpin ikrar putera Indonesia. (ghf/n)

#lamongan #paskibraka