Senin, 24 Juni 2024

Kuatkan UMKM Kota Mojokerto Lewat Penarip Kampung Ramadan

Diunggah pada : 28 Maret 2023 10:39:20 88
Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kota Mojokerto berupaya meningkatkan perekonomian pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Mojokerto khususnya warga Penarip. Salah satunya melalui penyelenggaraan Penarip Kampung Ramadan yang dibuka oleh Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari pada Senin (27/3/2023).

"Kuliner Kota Mojokerto layak untuk dicicipi serta ngangeni untuk dicoba kembali. Bulan Ramadan identik dengan buka bersama, maka Kampung Ramadan yang dilaksanakan di berbagai titik di Kota Mojokerto merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka menggerakkan ekonomi di sektor bawah," kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto. 

Lebih lanjut Ning Ita pun sangat mengapresiasi adanya Kampung Ramadan ini. Sebagai salah satu bentuk apresiasinya, Ning Ita memborong berbagai jajanan yang ada.

"Saya pribadi sebagai wali kota tentu sangat mendukung kegiatan ini. Saya akan berbelanja seluruh produk UMKM yang ada di sini," tutur Ning Ita seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Dalam kesempatan ini, Ia juga menegaskan bahwa benteng untuk bisa bertahan dari berbagai dampak negatif era globalisasi hanya satu, yaitu fondasi keagamaan yang kuat. "Melalui pondok pesantren dan lembaga pendidikan islam seperti Yayasan As Sholichiyah inilah yang memberikan tambahan kekuatan fondasi agama tersebut," imbuhnya

Sementara itu, Ketua Yayasan As Sholichiyah. Moh. Ilyasin menyampaikan Kampung Ramadaan pertama kali digelar di pondok pesantren yang menjadi buah dakwah dan warisan Kiai Ilyas ini. Kampung Ramadan ini diikuti oleh 50 stan dari wali murid maupun warga sekitar Penarip Gang II dan akan digelar selama lebih kurang tiga minggu di bulan Ramadan.

"Harapan kita Kampung Ramadan selain bisa memeriahkan bulan suci Ramadan, juga bisa menambah berkah sekaligus menambah perekonomian warga," terang sosok yang kerap disapa Gus Ilyasin ini.

Ia juga berharap Kampung Ramadan ini dapat digelar lagi pada bulan ramadan yang akan datang. Selain adanya berbagai macam kuliner, dalam Penarip Kampung Ramadan ini juga ditampilkan berbagai kesenian yang merupakan ekstra kurikuler dari lembaga pendidikan As Sholichiyah. (idc/s)

#UMKM #Kota Mojokerto #ramadan 1444 H #Penarip Kampung Ramadan