Kamis, 25 April 2024

KSR Unit Polije Sumbangkan 88 Kantong Darah ke PMI Jember

Diunggah pada : 8 September 2022 19:14:55 44
Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Politeknik Negeri Jember (Polije) saat mendonorkan darah

Jatim Newsroom -  Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Politeknik Negeri Jember (Polije) mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Soetrisno Widjaja Polije yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 6 – 8 September 2022 ini telah  berhasil menghimpun sebanyak 88 kantong darah.

Terdapat 54 orang pendonor yang mendaftarkan diri dan tidak bisa melanjutkan donor darah karena tidak lolos screening pada kegiatan ini. Hal tersebut dikarenakan larangan sesuai aturan medis yang berlaku seperti tensi darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, sel darah merah atau HB-nya tidak standar, termasuk berat badan  yang tidak sesuai dengan  syarat  bagi pendonor.

Berdasarkan catatan KSR PMI unit Polije, pada hari pertama, diperoleh 19 kantong darah yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 10 kantong, B sebanyak 6 kantong, AB kosong dan golongan O sebanyak 3 kantong darah. “Namun sayang ada 25 pendonor yang tidak bisa lanjut karena tidak lolos screening,” ungkap Yuni Safira Putri Agustin ketua KSR PMI Unit Polije pada Kamis (08/09/2022).

Sedangkan hari kedua,  diperoleh lebih bnanyak lagi, yaitu 36 kantong darah dengan jumlah pendaftar untuk donor sebanyak 49 orang. Sehingga yang tidak lolos ada 16 orang. “ Sebagian besar pendaftar pada hari kedua lolos screening sehingga jumlah kantong darahnya lebih banyak dari pada hari pertama,” ungkapnya.

Sementara itu, hasil kegiatan donor darah sukarela pada hari ketiga hampir sebanyak hari kedua yaitu sebanyak 33 kantong darah dari 49 relawan pendonor yang mendaftar. Rinciannya golongan darah A sebanyak 9 kantong, golongan B sebanyak 14 kantong, golongan O sebanyak 10 kantong. “ Golongan darah AB pada hari pertama, kedua dan ketiga tidak dapat sama sekali,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan menjelaskan, kegiatan donor darah di Polije sudah rutin digelar. “Kegiatan donor darah ini menjadi program Kerja KSR PMI Unit Politeknik Negeri Jember. Sudah rutin digelar setidaknya tiga bulan sekali,” imbuhnya.

Peserta donor darah, sambungnya, kebanyakan mahasiswa Polije. “Berikutnya karyawan dan dosen, ada juga warga sekitar atau tamu yang kebetulan ada di Polije,” imbuhnya. Ada yang baru pertama kali donor, baru beberapa kali ikut donor darah, tetapi ada juga yang sudah belasan sampai puluhan kali donor darah. (aud/s)

#pmi