Selasa, 23 Juli 2024

KRI REM - 331 Kibarkan Merah Putih di Guam

Diunggah pada : 14 Juni 2024 11:02:49 66

Jatim Newsroom- Kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang telah berlayar dari Surabaya menuju ke Hawaii untuk mengikuti Latma Multilateral Rim Of Pacific 2024 (Rimpac 2024) telah bersandar Dermaga T3 Naval Base Guam. Selasa (11/6/2024).

Setibanya di Guam, kapal perang yang dipimpin oleh Dansatgas Rimpac 2024 sekaligus Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra ini langsung mengibarkan bendera merah putih sebagai tanda kapal perang Indonesia.

Sebelum melanjutkan pelayarannya ke Hawaii, KRI REM-331 akan melaksanakan bekal ulang berbagai keperluan logistik untuk seperti bahan makanan, dan kebutuhan primer lainnya untuk digunakan selama pelayarannya menuju ke Hawaii, Amerika Serikat. Setibanya di Hawaii nanti, KRI REM-331 akan langsung menggelar Harbour Phase dan Sea Phase serta bergabung dengan puluhan negara yang tergabung dalam Latma Rimpac 2024.

Latma Rimpac 2024 merupakan salah satu sarana menguji doktrin, taktik, dan prosedur peperangan laut yang terbaru, khususnya dalam Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi. Selain itu, melalui latihan ini negara peserta latihan dituntut untuk mampu membuktikan ketahanan operasi alutsistanya mengingat Sea Phase dilaksanakan selama tiga minggu non-stop, tanpa sandar di pangkalan.

Keikutsertaan TNI AL dalam berpartisipasi pada latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar negara, menunjukkan eksistensi TNI AL dalam hubungan militer internasional, meningkatkan operasi laut jarak jauh, serta meningkatkan kemampuan TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sebanyak 183 Prajurit Jalasena Samudera yang terdiri dari KRI REM-331, Korps Marinir dan Komando Pasukan Katak TNI AL akan unjuk gigi di hadapan internasional pada saat mengikuti Latihan Angkatan Laut terbesar di dunia tersebut. (hjr)

#Koarmada II