Kamis, 25 April 2024

KPU Sosialisasi Pemilu 2024 di UIN Maliki Malang

Diunggah pada : 25 Agustus 2022 18:03:50 61
Anggota KPU RI Mochammad Afifuddin saat menghadiri kegiatan kemahasiswaan di Kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Kamis (25/8/2022).

Jatim Newsroom  - Kalangan pemuda termasuk mahasiswa harus memahami proses penyelenggaraan Pemilu 2024. Pasalnya, jumlah pemilih pemula memang diprediksi akan mendominasi gawe demokrasi mendatang. Maka itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan  Jawa Timur melakukan sosialisasi ke mahasiswa di Kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Kamis (25/8/2022). Yang dihadiri langsung Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin.

Dalam kegiatan yang diikuti mahasiswa baru itu, Afif menjelaskan terkait pentingnya berpartisipasi aktif dalam Pemilu.  "Hampir 60 persen dari jumlah pemilih kita diwarnai oleh anak muda," katanya.

Dia menjelaskan mengenai proses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 termasuk alur dan tahapan. Menurutnya, bukan tanpa alasan sebab momentumnya dinilai  tepat. Karena, gelaran Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Jumlah pemuda atau pemilih pemula bakal mendominasi Pemilu 2024.

Afif melanjutkan, muda tidak hanya soal usia melainkan juga soal gagasan. Sebab itu, dia mengajak mereka untuk berkomitmen membuat sejarah bangsa. Yakni, dengan menggunakan hak suara pada Pemilu 2024 nanti.

"Pada 14 Februari nanti, teman-teman akan pertama kali memilih presiden dan wakil presiden, DPR, DPRD provinsi maupun kabupaten/kota dan DPD secara serentak. Di tahun yang sama juga akan memilih pemilihan kepala daerah secara serentak," pungkasnya. (Pca/hjr)

#kpu jatim