Jumat, 19 April 2024

KPU RI Sebut Jatim Layak Jadi Barometer Pemilu Nasional

Diunggah pada : 6 Oktober 2022 13:28:14 78
Anggota KPU August Mellaz saat menutup rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Kamis (6/10/2022).

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memiliki peran dan posisi strategis dalam pemilu 2024. Bahkan Jatim layak menjadi barometer bagi perkembangan kepemiluan nasional.  

Demikian disampaikan Anggota KPU August Mellaz saat menutup rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Kamis (6/10/2022). Bertempat di Hotel Double Tree, Jl. Tunjungan Kota Surabaya.

August menjelaskan, Pemilu 2024 dapat dilihat menjadi suatu titik balik dari peradaban kepemiluan Indonesia. Apakah masih berada pada masa transisi demokrasi atau telah mencapai titik tumpu dalam melaksanakan kelembagaan demokrasi.

“Indonesia sejak 1999 sampai dengan sekarang sudah melaksanakan enam kali Pemilu. hal ini menjadi tantangan apakah kitab bisa mengemas menjadi pengalaman baik yang bisa dibanggakan dipertukarkan di belahan dunia lain,” jelas August.

Dalam kesempatan tersebut, August juga berkesempatan menyampaikan sejumlah isu nasional kepemiluan ke depan. Maka dari itu, Ia menganggap Rapim ini menjadi momentum yang penting. Sebab akan ada banyak agenda nasional yang tentu tidak mudah.

Perkembangan terakhir, lanjut August sebanyak empat Rancangan Peraturan KPU (PKPU) telah disetujui dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) KPU bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi II bersama Pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri pada 3 Oktober 2022.

Empat Rancangan PKPU tersebut di antaranya mengenai Pemutakhiran Data Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Penataan Daerah Pemilihan (Dapil), serta Syarat Pencalonan Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Terkait dengan agenda KPU, saat ini sebanyak empat anggota KPU RI sedang melakukan perjalanan ke Amerika. Safari tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama dengan Northern Illinois University.  “Ada banyak hal yang dapat mereka sumbangkan, yang menghasilkan kajian kepemiluan dan juga melahirkan banyak intelektual. Semoga ke depan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat mengikuti pertukaran pengalaman di negara lain,” terang August.

Menutup sambutan, Pria kelahiran Surabaya tersebut berpesan melalui Rapim kali ini, seluruh penyelenggara berkomitmen untuk lebih menyolidkan kelembagaan ke depan. “Pemilu 2024 tidak mudah, tapi saya kira dengan luar biasanya KPU Jatim yakin bisa melaksanakannya karena sudah dijalankan denga baik dan kalkulasi yang cermat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam rangkaian seremonial penutupan Rapim, KPU Jatim juga menyerahkan beberapa kategori penghargaan kepada KPU Kabupaten/Kota.

Kategori Implementasi Reformasi Birokrasi Semester I Tahun 2022. Terbaik I diraih oleh KPU Ngawi. Terbaik II KPU Jombang. Terbaik III KPU Kota Malang. Kategori Capaian Kinerja Bebasis Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu Kementrian Keuangan (SMART). Terbaik I diraih oleh KPU Gresik. Terbaik II KPU Kota Madiun. Terbaik III KPU Kota Blitar.

Kategori Ketaatan terhadap Kebijakan Perencanaan Program dan Anggaran. Terbaik I diraih oleh KPU Mojokerto. Terbaik II KPU Kediri. Terbaik III KPU Pacitan.  Kategori Pengelolaan Website. Terbaik I diraih oleh KPU Tulungagung. Terbaik II KPU Kota Kediri. Terbaik III KPU Gresik.

Kategori Pengelolaan Media Sosial. Terbaik I diraih oleh KPU Malang. Terbaik II KPU Tulungagung. Terbaik III KPU Kota Probolinggo Kategori Pengelolaan, Pengadaan, Laporan, dan Dokumentasi Logistik. Terbaik I diraih oleh KPU Bojonegoro. Terbaik II KPU Trenggalek. Terbaik III KPU Tulungagung.

Kategori Pengelolaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) . Terbaik I diraih oleh KPU Pasuruan. Terbaik II KPU Tuban. Terbaik III KPU Kota Pasuruan.  Kategori Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Terbaik I diraih oleh KPU Ngawi. Terbaik II KPU Kota Malang. Terbaik III KPU Tulungagung.

Kategori Tindak Lanjut Data Padan di bawah  Satu Juta. Terbaik I diraih oleh KPU Kota Mojokerto. Terbaik II KPU Kota Kediri. Terbaik III KPU Pacitan. Kategori Tindak Lanjut Data Padan di atas Satu Juta. Terbaik I diraih oleh KPU Kota Surabaya. Terbaik II KPU Pasuruan. Terbaik III KPU Banyuwangi. Kategori Ketaatan Pelaporan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB). Terbaik I diraih oleh KPU Blitar. Terbaik II KPU Sumenep. Terbaik III KPU Kediri. (pca/n)

#kpu jatim