Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim : Tiga Bacaleg DPD RI Sudah Serahkan Berkas. Untuk Parpol Belum Ada Mendaftar

Diunggah pada : 10 Mei 2023 10:09:49 130
Ketua KPU Jatim, Choirul Anam (pca)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mengatakan mulai dibuka Senin (1/5/2023) - Selasa (9/5/2023) baru tiga Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) DPD RI yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU dan Belum ada satupun partai politik yang menyetorkan daftar bakal calon legislatif.

Diantaranya yang sudah menyerahkan berkas,  AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Agus Rahardjo dan Lia Istifhama. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat dikonfirmasi, Rabu (10/5/2023).

Seperti diketahui sejak tanggal 1 Mei telah dibuka pendaftaran bacaleg oleh parpol di KPU Jatim serta pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2024. Masa pendaftaran berlangsung hingga 14 Mei mendatang. "Untuk hari ini, Rabu 10/5/2023 rencananya yang akan mendaftar Bacaleg DPD RI atau datang ke KPU Jatim, yaitu AA. Ahmad Nawardi,"katanya.

Terkait partai politik (parpol) peserta pemilu 2024, ia menyampaikan dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 enam diantaranya sudah menyampaikan tanggal rencana kedatangan untuk mendaftarkan Bacaleg ke KPU Jatim. Yakni Partai NasDem yang berencana daftar di tanggal 11 Mei, lalu PDI Perjuangan tanggal 11 Mei serta Partai Ummat dan PAN yang berencana akan mendaftar di tanggal 12 Mei. Kemudian, Partai Bulan Bintang (PBB) tanggal 13 Mei dan Partai Buruh tanggal 14 Mei. "Artinya, masih ada 12 partai yang belum mengkonfirmasi. Jadi tetap kami akan terus membuka layanan untuk penerimaan berkas sampai tanggal 14 Mei 2023," kata Anam.

Biasanya sebelum datang ke KPU Jatim partai politik lebih dulu menyampaikan rencana kedatangan mereka. Meski demikian, Anam menegaskan sekalipun tanpa konfirmasi pihaknya tetap akan melayani pendaftar yang datang ke kantornya. Layanan di KPU Jatim dibuka pada jam kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari terakhir yakni tanggal 14 Mei layanan pendaftaran dibuka hingga jelang tengah malam tepatnya 23.59 WIB.

Anam mengimbau, kepada parpol maupun Bacalon DPD untuk segera mendaftarkan ke KPU Jatim dan tidak menunggu hari terakhir. Koordinasi juga terus dilakukan KPU melalui grup WhatsApp yang berisi LO atau penghubung. "Kita terus menyampaikan agar segera melakukan konfirmasi. Tapi, meski tanpa konfirmasi dan langsung hadir ya tentu tetap kita terima. Karena konfirmasi itu sekedar memudahkan bukan kewajiban,"pungkasnya. (pca/hjr) 

#kpu jatim