Senin, 15 Juli 2024

Peluncuran Maskot dan Jingle Berlangsung Meriah

KPU Jatim : Tahapan Pilgub Jatim 2024 Resmi Dimulai

Diunggah pada : 5 Juni 2024 9:35:09 8803
Ketua KPU Jatim, Kapolda, Pangdam V Brawijaya, dan Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono saat meresmikan dan meluncurkan tahapan Pilgub Jatim di Grand City Surabaya. (Hendrik)

Jatim Newsroom - Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Anggota KPU, PJ Gubernur Jatim, Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Jatim. Secara beriringan, KPU Jatim juga meluncurkan Jingle dan Maskot Pilgub Jatim "Si Jalih". Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur resmi meluncurkan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2024 di halaman Grand City Convention and Exhibition Mall Surabaya, pada Selasa 4 Juni 2024 malam.

Seluruh Forkopimda Jatim beserta perwakilan KPU RI hadir pada peluncuran ini. Mereka antara lain anggota jajaran KPU Jatim, termasuk Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi dan dihariri ribuan masyarakat berlangsung meriah. Selain itu, yang tak kalah menariknya, rangkaian peluncuran kali ini dibalut dengan konser. Menghadirkan dua Artis kenamaan Gilga Sahid dan Happy Asmara. Keduanya sukses menghibur ribuan masyarakat Jawa Timur dengan berbagai lagu yang dibawakannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi menjelaskan, peluncuran ini sebagai salah satu upaya memberikan informasi ataupun sosialisasi, sekaligus melaunching jingle Pilgub Jatim 2024, beserta maskot sebagai alat peraga. “Alat sosialisasi kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, untuk ingat dan berpartisipasi bahwa tanggal 27 November 2024 merupakan hari bagi seluruh elemen masyarakat Jawa Timur untuk menentukan hak pilihanya,” katanya, Selasa (4/6/2024).

Dimana tanggal 27 November 2024, tepatnya hari Rabu, masyarakat akan melaksanakan pesta Demokrasi memilih calon pemimpin daerahnya, khususnya di wilayah Jawa Timur. Baik Gubernur, maupun Bupati dan Walikota. “Kita ingin menegaskan bahwa pelaksanaan kontestasi di Jawa Timur, sedemikian rupa, apapun kondisinya, siapapun pilihannya, itu terserah masyarakat, dan berharap pelaksanaan Pilgub Jawa Timur bisa dilaksanakan dengan cara yang seneng bareng,” imbuhnya.

Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menyambut baik gelaran ini, dengan kemasan semacam pesta rakyat. “Pesta Demokrasi itu benar benar pestanya masyarakat, yang tadi seneng bareng menjadi tagline kita,” katanya.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi bersama maskot Pilgub Jatim. (Hendrik)

Sehingga, kata Adhy, dengan peluncuran yang melibatkan masyarakat ini, diharapkan untuk tahapan selanjutnya juga berjalan dengan baik. Sebagaimana pada proses Pemilu 2024 lalu. “Berharap juga, Pilkada serentak Pilgub, wagub, Bupati wakil Bupati, Walikota wakil walikota bisa berjalan dengan baik, damai, aman dan tidak ada persoalan, dan mendapatkan kepala daerah yang betul betul diinginkan oleh masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, KPU Jatim juga mengundang seluruh komisioner dari 38 Kabupaten Kota. Serta Forkopimda Jatim, yang mengenakan pakaian adat dari daerah Jawa Timur.

Sementara Anggota KPU RI yang hadir diaccara tersebut, August Mellaz menyampaikan jika. tahapan Pemilu yang biasanya diwarnai ekskalasi politik tinggi, namun malam ini KPU Jatim mampu mengemas suasana tahapan demikian meriah. Ia pun berpesan kepada seluruh jajaran KPU Jatim bahwa tanggung jawab KPU Provinsi tidak hanya melaksanakan Pilgib, tapi juga melakukan supervisi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota maupun Wakil Walikota.

Kemeriahan acara juga diwarnai dari penyampaian informasi mengenai tahapan Pilkada Serentak Jatim 2024. Selain itu, masyarakat penonton juga dibekali dengan bahan sosialisasi saat masuk gate. Sebelumnya, maayarakat Jawa Timur juga dapat menyaksikan berbagai tampilan kesenian daerah barongsai dan Reog Ponorogo. (pca/hjr)

#kpu jatim #Adhy Karyono #pilkada 2024 #Pj Gubernur Jatim