Sabtu, 20 April 2024

KPU Jatim Kunjungi Lokasi RPP Nasional Bung Karno di Kota Blitar

Diunggah pada : 14 September 2022 10:17:03 26
Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro saat meninjau lokasi RPP Nasional Bung Karno di Kota Blitar

Jatim Newsroom - Usulan Pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional Bung Karno oleh KPU kota Blitar yang dilakukan sebagai upaya sosialisasi dan pendidikan untuk pemilu 2024 dengan memanfaatkan kearifan lokal. KPU Jatim langsung meninjau lokasi tersebut di kota Blitar, Selasa (13/9/2022) sore.

Dimana pembentukan RPP ini, akan ditempatkan di area Unit Pelaksana Teknis  Perpustakaan Nasional (UPT Perpusnas) Bung Karno, Jl. Kalasan Nomor 1 Kota Blitar.

Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan jika kedatangannya untuk memastikan lokasi dan ruangan mana saja yang akan digunakan untuk RPP.  "Sehingga kami memiliki gambaran yang utuh dan muncul rasa optimis untuk segera menindaklanjuti dalam waktu dekat," ujar Gogot dikonfirmasi, Rabu (14/9/2022).

Pasalnya, pembentukan RPP Nasional menjadi kewenangan KPU RI. Sehingga penandatanganan Nota Kesepahaman juga akan dilakukan oleh KPU RI.  "Rencana ini sudah kami sampaikan secara formal dan memang harus diawali terlebih dahulu dengan MoU. Selama ini juga KPU telah menandatangani nota kesepahaman dengan berbagai pihak," papar Gogot.

Gogot, juga berharap dengan adanya RPP di Perpustakaan Nasional Bung Karno akan menjadi kolaborasi yang baik dan membawa manfaat antara KPU dengan Perpusnas.  "Bagi KPU tentu untuk memaksimalkan sosialisasi dan pendidikan pemilih dan bagi Perpusnas tentu untuk kepentingan edukasi dan literasi. Karena Pemilu ini erat kaitannya dengan legacy yang ditinggalkan oleh Bung Karno," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpusnas Bung Karno, Nuri Syam mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pembentukan RPP Nasional tersebut. "Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Kita mempunyai koleksi literasi serta berbagai kegiatan inklusif yang dapat dilakukan," kata Nuri. (Pca/hjr)

#kpu jatim