Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim Jadi Tuan Rumah Pelatihan SIAKBA Bagi Operator Seluruh Indonesia

Diunggah pada : 30 September 2022 9:43:28 139
KPU Jatim saat menjadi tuan rumah pelatihan SIAKBA seluru Indonesia di Shangrilla Surabaya. (cpa)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menjadi tuan rumah pelaksanaan dan pelatihan  Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) untuk operator dari KPU Provinsi di seluruh Indonesia. Di Hotel Shangrilla Surabaya, 29 September 2022 - 1 Oktober 2022.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Jatim ini merupakan suatu kehormatan bagi KPU Jatim, dan  berharap rangkaian pelatihan SIAKBA dapat mewujudkan proses pendaftaran dan pendataan semakin baik.  "Dengan pelatihan ini kita berharap proses pendaftaran dan pendataan anggota KPU dan badan ad hoc bisa semakin baik," harap Anam mantan anggota KPU Surabaya.

Sementara itu Ketua KPU RI Hasyim Asyari, menyampaikan bahwa dalam hal ini Operator menjadi ujung tombak implementasi SIAKBA. Karenanya menjadi penting malam ini untuk memahami dan kemudian dapat disosialisasikan di wilayah masing-masing. “Beberapa hal teknis yang belum dipahami dan dan manual modul yang kurang memadai mohon untuk segara disampaikan untuk selanjutnya dapat diperbaiki.” ujar Hasyim.

Kaitannya dengan forum, Hasyim menekankan aspek dari pelatihan tidak hanya mampu memahami. Namun juga dibutuhkan terampil untuk mengoperasikan sistem.  “Jika ingin pintar kita belajar, tapi jika ingin terampil itu harus berlatih. Jika ada kekurangan itu hal biasa, namun kita bisa meminimalisir masalah,” tegasnya.

Lanjut Hasyim, dalam pelatihan ini ada tiga aspek yang perlu diingat. Pertama kognitif, artinya apakah yang disampaikan bisa dipahami dan diidentifikasi, sehingga mampu menjelaskan kembali. Kedua afektif, yaitu membangun sikap untuk disiplin dan taat pada sistem. Ketiga psikomotorik, upaya menggerakkan dalam melakukan sesuatu.

Untuk itu, Mantan Anggota KPU Jateng ini menganggap penting SIAKBA diujicobakan secara nasional dalam rangka testing. Karena dalam waktu bersamaan diperkirakan akan ada orang yang mengunggah dokumen secara bersamaan. Atau melengkapi kekurangan dokumen selama masa pendaftaran.

Perlu diketahui, berkaitan dengan rencana penggunaan SIAKBA ke depan, KPU juga akan menyediakan layanan helpdesk untuk menjawab beberapa kendala yang mungkin muncul. Dijadwalkan akan ada tiga sesi dalam pelatihan ini. Sesi 1 mengenai pelatihan modul operasional. Sesi 2 pelatihan SIAKBA pendaftaran dan trouble shooting. Sedangkan sesi 3 membahas teknis hubungan personalia dan anggaran.  Adapun waktu pelaksanaan, pelatihan berlangsung hingga dua hari ke depan hingga Sabtu, 1 Oktober 2022.

Hadir mendampingi Ketua, Anggota KPU RI Parsadaan Harahap dan Betty Epsilon Idroos.  Sedangkan dari KPU Jawa Timur selain Ketua, hadir Anggota Rochani, Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozaq, Nurul Amalia, dan Sekretaris Nanik Karsini. (pca/n)

#kpu jatim