Jumat, 29 Maret 2024

KPU Banyuwangi Tetapkan Anas-Yusuf Pemenang Pilkada

Diunggah pada : 23 Desember 2015 9:57:20 105

Jatim Newsroom-Komisi Pemilihan Umum Banyuwangi, Selasa (22/12) menetapkan pasangan Abdullah Azwar Anas dengan Yusuf Widyatmoko sebagai pemenang Pilkada Banyuwangi, Penetapan peraih suara terbanyak hasil pilkada pada 9 Desember 2015 itu digelar di Gedung Korpri Banyuwangi yang disaksikan oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), para ketua parpol, panitia pengawas, dan ormas di Banyuwangi.

"Setelah ini, kami mengajukan surat pengangkatan ke DPRD Banyuwangi melalui Gubernur dilanjutkan ke Mendagri. Surat pengusulan dikirim besok," ujar Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin.

Pasangan Anas dan Yusuf mendapatkan suara 88,96 persen atau 680.365 pemilih, sedangkan pasangan Sumantri Soedomo - Sigit Wahyuwidodo mendapatkan 11,03 persen atau 84.431 suara. Anas dan Yusuf ditetapkan karena tidak ada pihak yang menggugat hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sesuai pemberitahuan MK, tidak ada permasalahan. Pilkada Banyuwangi tidak ada gugatan, sehingga KPU segera mengusulkan pemenang pilkada," ujarnya.

Terpilihnya paslon nomor urut satu pasangan Anas-Yusuf, diharapkannya Banyuwangi bisa kondusif. bupati dan wakil bupati terpilih dapat menjalankan amanah rakyat Banyuwangi .

Sementara itu, bupati terpilih Abdullah Azwar Anas mengatakan dirinya bersama wakil bupati terpilih Yusuf Widyatmoko bakal merangkul semua pihak untuk membangun Banyuwangi, termasuk pasangan calon lain.

"Kami akan silaturahim ke Pak Sumantri dan Pak Sigit. Termasuk kami ingin berdiskusi, tentu ada program-program yang beliau canangkan dalam kampanye kemarin yang pas untuk diterapkan ke depan. Insya Allah dalam waktu dekat ini akan bertemu. Beliau berdua adalah tokoh masyarakat yang diperlukan dalam membangun daerah," tuturnya

Setelah ditetapkan menjadi pemenang pilkada Banyuwangi, Anas dan Yusuf kemudian melakukan doa bersama di makam para mantan bupati Banyuwangi yang berada di Masjid Baiturohman Banyuwangi.(jok)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait